Ungguli Hasil Survei, Ridwan Kamil Dinilai Memuaskan Pimpin Jabar

by

in

JawaPos.com – Hasil survei CIGMark menunjukkan peta kekuatan calon presiden (Capres) 2024 di Provinsi Jawa Barat, wilayah yang paling seksi untuk diperebutkan. Hasil survei tersebut menyebutkan, Ridwan Kamil, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan menempati urutan teratas dalam peta kekuatan calon presiden (Capres) 2024.

“Ridwan Kamil menempati elektabilitas paling tinggi 39,2 persen dari 18 nama yang diuji,” kata CEO CIGMark Research and Consulting, Panca Pratama dalam rilis hasil survei di Jakarta Pusat, Minggu (13/11).

“Di urutan kedua adalah Prabowo Subianto 23,5 persen, disusul Anies Baswedan 14,9 persen dan Ganjar Pranowo 8,1 persen,” sambungnya.

Panca menjelaskan, dari aspek kinerja Pemerintahan Provinsi Jawa Barat, lanjut Panca, kepemimpinan Ridwan Kamil dinilai memuaskan. Secara umum pelaksanaan pemerintahan dinilai baik 77,1 persen, yang menilai sangat baik 10,9 persen responden.

“Jika ditotal yang puas/sangat 88,1 persen,” ungkap Panca.

Panca mengungkapkan, tren elektabilitas RK mengalami kenaikan cukup signifikan dari Maret 2022 elektabilitasnya 47 persen naik menjadi 63 persen, pada September 2022. Kenaikan elektabilitas Ridwan Kamil dinilai bisa mempengaruhi oleh sejumlah faktor yaitu, keberhasilan kinerja sebagai gubernur di satu sisi, sementara di sisi lain belum adanya pergerakan yang masif dari figure calon gubernur lainnya.

Survei ini dilaksanakan pada 12 – 28 September 2022 dengan menggunakan metodologi Multi Stage Random Sampling (MSRS). Jumlah responden 825 orang yang diwawancarai secara langsung dengan menggunakan kuesioner. Jumlah Margin Error survei ini sebesar ± 3,48 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan


Credit: Source link