Upacara Ngunduh Mantu di Hari Ultah, Erina dan Kaesang Pakai Dodotan

Upacara Ngunduh Mantu di Hari Ultah, Erina dan Kaesang Pakai Dodotan

JawaPos.com – Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep resmi menikahi Erina Gudono, Sabtu (10/12). Hari ini, Minggu (11/12), Erina dan Kaesang menjalani upacara Ngunduh Mantu di Loji Gandrung, Solo.

Ada yang spesial dari unduh mantu. Rupanya, 11 Desember juga hari ulang tahun Erina Gudono. Hari ini dia genap berusia 26 tahun.

Prosesi Ngunduh mantu diawali dengan upacara Tumplak Punjen. Yaitu, acara rangkaian adat Jawa, orang tua memberikan nasihat dan ‘sangu’ atau uang dan beras sebagai simbolis pemberian harta dan bekal kepada anak-anaknya.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana duduk di tengah, mengumpulkan anak dan menantunya di hadapan mereka. Lalu ibu Iriana memberikan dompet khas Jawa untuk anak dan menantunya.

Kemudian ibu Iriana melempar beras dan uang sebagai simbol untuk kesejahteraan anak-anaknya. Dan lucunya, sang cucu yakni Jan Etes mengambil uang uang logam yang jatuh di lantai dan dimasukkan ke dalam dompet.

Cantiknya Erina digandeng sang suami, terlihat mereka memakai kain dodotan atau basahan. Kain dodot adalah kain khas Jawa. Erina menggunakan kemben untuk menutupi tubuh bagian atas dan membiarkan bahu terbuka.

Kaesang juga menggunakan kain dodot yang menutupi pusar. Tidak lupa Kaesang membawa senjata berupa keris untuk menunjukkan kekuatan.

Kemarin, Erina dan Kaesang resmi menikah pada Sabtu (10/12) di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo. Kaesang Pangarep memberikan mahar berupa uang tunai Rp 300 ribu dan emas logam mulia.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link

Related Articles