Upaya XL Axiata Pastikan Ketersediaan Jaringan Jelang Libur Lebaran

JawaPos.com – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menyebut pihaknya telah menyiapkan jaringan telekomunikasi dan data guna menghadapi masa libur Lebaran tahun ini. Dalam masa liburan sekira satu pekan tersebut yang masih dalam situasi pandemi Covid-19, XL Axiata telah melakukan persiapan jaringan meliputi antara lain meningkatkan kapasitas hingga dua kali dari kondisi hari normal, optimisasi di area pemukiman serta lokasi tujuan wisata.

Peningkatan kualitas jaringan dikatakan telah dilakukan di sepanjang jalur transprortasi darat di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi. Selain itu, skenario rekayasa jaringan juga telah disiapkan jika terjadi kepadatan trafik di suatu lokasi.

Termasuk dalam persiapan ini adalah pengerahan sekitar 40 unit Mobile BTS (MBTS) di berbagai lokasi yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, jauh-jauh hari pihaknya sudah menyiapkan secara cermat jaringan telekomunikasi dan data untuk kebutuhan Lebaran ini.

“Meskipun ada larangan mudik, namun trafik kemungkinan tetap akan naik secara signifikan seperti Lebaran tahun lalu. Kami memperkirakan trafik akan meningkat sekitar 20 persen di layanan data. Layanan streaming video atau musik, instant messenger, game, dan media sosial akan mendominasi,” ungkap Gede melalui keterangan tertulisnya.

Selain itu, lanjut dua, layanan video conference dan video call akan naik. Hal tersebut tak lain karena platform daring tersebut kini banyak digunakan sebagai saranan bersilaturahmi karena banyak pelanggan yang tidak bisa mudik dan berkunjung ke sanak famili.

Gede menambahkan, persiapan jaringan lainnya adalah berupa pengaturan trafik internet ke arah upstream arah Malaysia dan Australia menjadi 1,5 kali dan menggunakan dua (2) exchange Singapura dan Australia. Selanjutnya, tim XL Axiata juga telah mengidentifikasi sekitar 800 titik lokasi yang menjadi pusat mobilitas masyarakat antara lain pusat perbelanjaan dan lokasi wisata serta tempat ibadah.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Rian Alfianto


Credit: Source link