Usia 6–11 Tahun Bisa Divaksin, 6 Tahun ke Bawah Tunggu Data Lengkap

by

in

JawaPos.com – Anak usia 6–11 tahun kini bisa mendapat vaksin Covid-19. Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K. Lukito menyatakan, pihaknya telah menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) terhadap vaksin Sinovac, CoronaVac, dan vaksin Covid-19 Bio Farma untuk buyung dan upik di kategori usia tersebut.

Persetujuan itu diberikan atas pertimbangan hasil penilaian terhadap aspek efikasi dan keamanan vaksin Sinovac pada usia 6–11 tahun. Imunogenisitas (kemampuan suatu substansi dalam memicu respons imun dari tubuh manusia atau hewan lainnya) menunjukkan angka yang cukup tinggi, 96 persen. Berdasar hasil uji klinis, vaksin terbukti aman untuk anak usia 6–11 tahun. Sementara, efikasi mengikuti hasil sebelumnya.

CoronaVac dan vaksin Covid-19 Bio Farma sebenarnya merupakan vaksin Sinovac. Yang berbeda hanya kemasannya.

Izin tersebut, kata Penny, menyusul izin penggunaan sebelumnya untuk anak usia 12–17 tahun. ”Jadi, sekarang vaksin Sinovac sudah bisa digunakan untuk anak usia 6–17 tahun dan tentunya dewasa,” ujarnya dalam temu media kemarin (1/11).

Menurut dia, ini adalah kabar yang sangat menggembirakan. Mengingat, saat ini vaksinasi anak sangat urgen dibutuhkan karena pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas sudah dimulai.

Dia mengingatkan, meski kasus penularan Covid-19 di tanah air telah menurun, di sejumlah negara justru terjadi kenaikan. Artinya, pandemi Covid-19 belum berakhir dan vaksinasi Covid-19 harus digulirkan secara luas sebagai salah satu bentuk perlindungan dari virus SARS-CoV-2.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : mia/wan/c14/ttg


Credit: Source link