Utusan AS Serukan Perpanjang Embargo Senjata Iran

by

in
Utusan AS Serukan Perpanjang Embargo Senjata Iran

Analis menafsirkan tes senjata terbaru sebagai upaya untuk menekan Washington (Foto: Reuters)

Teheran, Jurnas.com – Perwakilan khusus Amerika Serikat (AS) untuk Iran, Brian Hook menegaskan kembali seruan Washington untuk memperpanjang embargo senjata Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terhadap Iran.

Demikian kata Hook selama kunjungan ke Uni Emirat Arab, sekutu dekat AS, sebagai bagian dari tur Timur Tengah pada Minggu (28/6) waktu setempat.

Hook mengatakan embargo senjata terhadap Teheran harus tetap diberlakukan dan bahwa dunia harus mengabaikan ancaman Iran untuk membalas jika larangan diperpanjang.

Pejabat AS itu mengulangi klaimnya yang keras dan palsu terhadap Republik Islam, dengan mengatakan Iran akan menjadi pedagang senjata pilihan bagi rezim jahat dan organisasi teroris di seluruh dunia, jika embargo senjata PBB yang akan berakhir pada Oktober tidak diperpanjang.

Tuduhan itu muncul ketika AS, pengekspor senjata terbesar di dunia, telah mendukung perang yang dipimpin oleh Saudi di Yaman, yang oleh PBB digambarkan sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

Baca juga.. :

Hook juga mengklaim bahwa larangan impor dan ekspor Teheran, yang diberlakukan sejak 2006/2007, harus tetap diberlakukan untuk mengamankan Timur Tengah yang lebih luas.

“Jika kita membiarkannya berakhir, Anda dapat yakin bahwa apa yang telah dilakukan Iran dalam kegelapan, itu akan dilakukan di siang hari bolong dan kemudian beberapa,” utusan AS itu selanjutnya mengklaim.

Washington meningkatkan seruan perpanjangan embargo senjata PBB terhadap Iran, yang akan berakhir pada Oktober di bawah Resolusi Dewan Keamanan PBB 2231, yang mendukung kesepakatan nuklir Iran, yang secara resmi dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA).

Administrasi Presiden AS Donald Trump mengancam bahwa pihaknya mungkin berusaha untuk memicu “snapback” dari semua sanksi terhadap Iran jika upayanya untuk memperpanjang embargo senjata jatuh.

Pada Mei 2018, Presiden Trump secara sepihak menarik negaranya keluar dari JCPOA, mengeluarkan sanksi “terberat” terhadap Iran.

Saat AS bukan lagi menjadi pihak dalam kesepakatan 2015, Gedung Putih telah meluncurkan kampanye untuk memperbarui larangan senjata melalui resolusi di Dewan Keamanan PBB.

Dewan Keamanan dijadwalkan untuk membahas tindakan itu pada 30 Juni, tetapi Rusia dan China kemungkinan besar akan memveto tindakan itu. (Press TV)

TAGS : Embargo Senjata Amerika Serikat Iran Brian Hook DK PBB

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/74521/Utusan-AS-Serukan-Perpanjang-Embargo-Senjata-Iran/