Vaksinasi Kunci Cegah Kenaikan Kasus Covid-19

by

in

JawaPos.com – Epidemiolog dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Pandu Riono mengatakan peningkatan cakupan vaksinasi merupakan salah satu kunci untuk mencegah kenaikan kasus Covid-19.

“Kuncinya adalah meningkatkan cakupan vaksinasi sebanyak-banyaknya dan secepat-cepatnya, mulai dosis pertama hingga dosis penguat atau booster,” katanya ketika dihubungi di Jakarta, Sabtu (11/6/2022).

Pandu mengatakan dengan peningkatan cakupan vaksinasi diharapkan dapat meningkatkan imunitas dan proteksi optimal bagi setiap individu.

“Dengan imunitas yang tinggi di tengah masyarakat maka diharapkan dapat menekan angka hospitalisasi dan kematian seperti sekarang ini,” katanya.

Selain itu, sosialisasi dan anjuran protokol kesehatan juga perlu terus ditingkatkan dan diintensifkan guna meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat.

“Sosialisasi mengenai pentingnya memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan harus terus ditingkatkan guna mengingatkan masyarakat mengenai pentingnya protokol kesehatan,” katanya.

Pandu juga menilai bahwa peningkatan kasus Covid-19 dalam tiga pekan terakhir masih terkendali.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Antara


Credit: Source link