VW ujicoba wallbox pengisi daya mobil listrik

VW ujicoba wallbox pengisi daya mobil listrik
Jakarta (ANTARA) – Pabrikan mobil Jerman Volkswagen mengembangkan inovasi untuk mobilitas listrik, dengan menghadirkan DC wallbox, sebuah perangkat pengisi daya baterai mobil listrik yang bisa ditempelkan di tembok rumah.

Saat ini Volkswagen sedang memasang kotak itu di beberapa lokasi sebagai percontohan sebelum kemudian akan memproduksi secara massal. Kotak itu dikembangkan untuk bisa mengisi daya baterai hingga kapasitas 22 kW.

Mark Möller, kepala divisi Pengembangan teknis & mobilitas listrik Volkswagen mengatakan,”Struktur pengisian daya yang ekstensif dan berdasarkan kebutuhan adalah kunci keberhasilan kendaraan listrik. Itulah sebabnya kami mengerjakan berbagai pendekatan yang memungkinkan pengisian daya yang berorientasi pelanggan, cerdas, dan fleksibel.”

“Seperti stasiun pengisian cepat fleksibel kami dan prototipe visioner dari robot pengisian daya seluler, kotak dinding DC adalah salah satu inovasi masa depan dari rangkaian pengisian daya DC untuk kendaraan listrik,” katanya dalam pernyataan resmi Volkswagen, dikutip Senin.

Dengan wallbox baru, kendaraan listrik dapat diisi arus searah (DC) hingga 22 kW–yang kira-kira dua kali lipat kecepatan wallbox biasa yang bekerja dengan arus bolak-balik (AC).

Baca juga: Volkswagen pangkas produksi karena pasokan terganggu

Baca juga: VW tambah investasi Rp17,1 triliun di China untuk mobil listrik

Dalam teknologi pengisian berbasis arus searah, listrik mengalir langsung ke baterai traksi timbal, asalkan kendaraan listrik tersebut dilengkapi port pengisian gabungan sistem pengisian (CCS).

Tidak seperti sistem yang didasarkan pada arus bolak-balik, kendaraan listrik diisi daya secara independen dari pengisi daya terintegrasi yang membatasi kapasitas pengisian.

Di sisi lain, mengisi daya baterai traksi timbal dengan arus searah, meningkatkan kapasitas pengisian potensial jika dibandingkan dengan arus bolak-balik. Oleh karena itu, proses pengisian daya dapat dipersingkat secara signifikan.

Sebagai detail inovatif dengan prospek masa depan, wallbox DC sudah disiapkan untuk pengisian dua arah. Dengan demikian, daya dapat mengalir dalam dua arah dengan kotak dinding: daya yang disimpan dalam baterai kendaraan traksi utama dapat dikembalikan ke jaringan, jika perlu, berkat manajemen pengisian yang cerdas.

Di masa mendatang, kendaraan listrik yang memiliki fungsi ini dapat, misalnya, berfungsi sebagai unit penyimpan daya untuk rumah pribadi atau sebagai penyangga jaringan listrik.

Untuk mengumpulkan pengalaman dengan produk baru, Volkswagen Group Components telah memulai fase uji coba di lokasi pabriknya sendiri di Wolfsburg, Braunschweig, Hannover, Salzgitter, dan Kassel dengan 20 kotak dinding DC.

Baca juga: Lima top pabrikan otomotif di tahun pandemi 2020

Baca juga: Volkswagen batalkan penjualan sedan Passat di Eropa

Baca juga: VW Tiguan R sudah bisa dipesan, harga hampir Rp1 miliar

Pewarta: S026
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020

Credit: Source link

Related Articles