Wapres Akui Pemerintah Pertimbangkan Wacana Kenaikan BBM

by

in

JawaPos.com – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengakui bahwa pemerintah sedang mempertimbangkan wacana kenaikan bahan bakar minyak (BBM), khususnya terkait solar dan Pertalite. Keputusan yang diambil pemerintah diharapkan memberi kebaikan bagi seluruh elemen bangsa.

“Sekarang ini memang ada beberapa opsi sedang dipikirkan, apakah menaikkan harga, apakah membatasi, atau menambah subsidinya, ini opsinya begini. Ini opsi-opsi yang sekarang lagi dibicarakan oleh pemerintah. Itu saja, mudah-mudahan nanti ada solusi yang terbaik buat masyarakat, dan buat pemerintah, buat bangsa, dan buat negara,” kata Ma’ruf Amin dalam keterangannya, Minggu (28/8).

Sementara itu, lanjut Ma’ruf, dalam mengatasi gejolak harga pangan global terhadap masyarakat, Pemerintah akan menyiapkan berbagai bantuan sosial (bansos) dan operasi pasar.

“Pemerintah sudah menyiapkan ini, untuk bansos (bantuan sosial) terus digulirkan, kemudian juga untuk operasi pasar juga disiapkan. Bansos kita akan terus diperbesar di dalam rangka untuk menghadapi dampak daripada krisis global,” ujar Ma’ruf.

Ma’ruf menyampaikan, situasi krisis global terus berkembang dan semua negara saat ini tengah memikirkan penanganannya. Ma’ruf pun berharap, Indonesia dapat menghadapi krisis ini dengan baik.

Karena itu, Ma’ruf menilai Indonesia berada pada jalur yang tepat. Hal ini terlihat dari tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang cukup baik di tengah situasi sulit saat ini.

“Indonesia cukup baik, alhamdulillah. Pertama, pertumbuhan (ekonomi) kita di atas lima persen, itu pertumbuhan kita itu. Kemudian juga inflasi kita terendah dibanding negara-negara lain. Kemudian, perdagangan ekspor kita surplus. Ini, dan kita cukup kuat untuk menghadapi dibanding dengan negara lain,” pungkas Ma’ruf.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Muhammad Ridwan


Credit: Source link