Waspadai “overheat” dan rem macet yang kerap dihadapi pemudik

Gadog, Bogor (ANTARA) –
Saat dijumpai ANTARA di bengkelnya di lokasi tersebut, Selasa, Iwan mengatakan bahwa pada masa mudik Lebaran, kebanyakan kendaraan yang melipir ke bengkelnya karena dua masalah tersebut.

“(Masalah yang sering ditemui) Biasanya itu, overheat, panas ya, biasanya kan orang bawa mobil, orang-orang kan tidak tahu, temperatur. Apalagi sekarang (banyak mobil) pakai komputer, jadi tidak kelihatan, bukan pakai jarum,” kata Iwan.

Baca juga: Pentingnya pemanasan fisik sebelum mudik dengan motor

Sementara terkait masalah rem, Iwan mengatakan banyak pengemudi yang mengeluhkan rem pada kendaraan mereka menjadi lebih sulit untuk dikontrol.

“Kalau mobil jarang dipakai itu ngerem tidak bisa dikontrol, karena jadi macet,” ujarnya.

Oleh karena itu, dia memberikan saran agar para pelaku perjalanan mudik memastikan bahwa kendaraannya memiliki kondisi rem yang sehat dan apabila mobil lama tidak digunakan atau jarang digunakan, agar ‘memanaskan’ remnya terlebih dahulu dengan menginjak-injak pedal rem.

Selain itu, guna menghindari masalah overheat, pastikan air radiator telah terisi cukup. Dia juga mengingatkan agar para pemudik memperhatikan indikator temperatur mesin mobil dan berhenti sejenak jika temperatur tampak tinggi.

Penggantian oli juga menjadi salah satu tips yang diberikan Iwan bagi para pemudik.

“Tapi yang utama rem ya, karena itu ngeri (jika bermasalah),” ujarnya.

Berdasarkan pantauan ANTARA, tak banyak bengkel servis mobil yang terlihat di sepanjang ruas jalan dari simpang Ciawi hingga KM 14 Jalan Raya Bogor-Sukabumi, di antara gerai-gerai isi angin ban kendaraan dang anti oli. Bengkel milik Iwan, yang terletak di sebelah kanan jalan dari arah bawah, dapat menjadi salah satu referensi pemudik yang hendak memeriksa masalah kendaraan.

Bengkel tersebut beroperasi dari pukul 8 pagi hingga 5 sore dan tutup pada hari Jumat.

Suasana bengkel mobil milik Iwan Sapri di Jalan Raya Bogor-Sukabumi KM 14, Selasa (26/4/2022). (ANTARA/Aria Cindyara)

Baca juga: Lima langkah cek kondisi ban jika mudik dengan mobil pribadi

Baca juga: Mudik pakai mobil pribadi? Ini tips DFSK agar perjalanan aman & nyaman

Baca juga: Perhatikan kaca film sebelum jalan mudik dengan mobil pribadi

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022

Credit: Source link