YKMI Pertanyakan Ketentuan Dosis dan Jenis Vaksin untuk Booster

by

in

JawaPos.com – Yayasan Konsumen Muslim Indonesia (YKMI) mempertanyakan ketentuan penggunaan dosis untuk vaksinasi booster (lanjutan). Pasalnya, ada jenis vaksin yang hanya dipakai setengah dosis untuk booster.

Sekretaris eksekutif YKMI Fat Haryanto mempertanyakan kebijakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk vaksinasi booster yang menyatakan ada beberapa jenis vaksin cukup diberi setengah dosis.

Fat Haryanto menyebut bahwa menurut WHO hanya vaksin moderna saja yang direkomendasikan untuk diberikan setengah dosis. Sedangkan untuk Pfizer dan Astrazeneca direkomendasikan dosis penuh.

“Mengapa kebijakan pemerintah Indonesia tidak sama? Ini ada apa pemerintah khususnya, Kemenkes yang telah mengeluarkan Surat Edaran isinya demikian,” kata Fat kepada wartawan, Sabtu (22/1).

Sebagaimana diketahui, Kemenkes mengeluarkan Surat Edaran (SE) bernomor HK.02.02/II/252/2022 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Lanjutan (Booster).

Sebagaimana diberikan sebelumnya, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, vaksinasi booster dilakukan melalui dua mekanisme yaitu Homolog dan Heterolog.


Credit: Source link