145 Desainer Tampilkan Koleksi Kain Nusantara di Jogja Fashion Week

145 Desainer Tampilkan Koleksi Kain Nusantara di Jogja Fashion Week

JawaPos.com – Batik, tenun, songket, dan berbagai kain nusantara dihadirkan di perhelatan Jogja Fashion Week 2022. Digelar di Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta, ajang ini membawa tema 5 destinasi wisata superior di Indonesia dan diikuti oleh 145 desainer dari berbagai daerah di Indonesia.

Sebanyak 72 model berasal dari berbagai daerah, dan juga 40 kids model dari Jawa Timur dan Semarang. Para desainer menampilkan karya terbaiknya dalam berbagai koleksi.

Salah satunya adalah Reka Dian Utami X Dewi Lestari lewat koleksi batik Jambi.
Batik Jambi adalah batik yang berasal dari Provinsi Jambi. Batik ini sudah ada sejak zaman Kesultanan Melayu Jambi.

Pada masa kesultanan tersebut ciri khas Batik Jambi adalah warna merah, dan motif utamanya adalah flora dan fauna. Pada masa dahulu batik digunakan dan dipakai oleh kaum Bangsawan dan Raja Melayu Jambi sebagai pakaian adat.

Motifnya pun masih sangat terbatas. Hal itu membuat Batik Jambi semakin berkembang hingga saat ini. Warna Batik Jambi pun mulai berkembang menjadi sangat variatif, dari warna dominan. Merah saat ini sudah berkembang menjadi warna pastel yang cerah dan lembut.

“Batik Jambi dengan warna pastel ini dirasa sangat menarik dan indah jika dijadikan busana kasual bagi kaum remaja. Hal ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa respect dan cinta akan khasanah budaya Jambi pada remaja milenial saat ini,” kata Reka Dian Utami kepada wartawan baru-baru ini.

Desainer lainnya yakni CYLVIE’S merupakan lokal brand baru dari kota Tangerang Selatan. Koleksinya dilatarbelakangi kesukaan terhadap Wastra Nusantara, khusus nya untuk Batik dan Lurik.

Dengan tema The Spirit of Nature, Jogja Fashion Week mengangkat 5 destinasi super prioritas yaitu, Borobudur, Likupang, Mandalika, Danau Toba, dan Labuan Bajo. Semua tema itu dituangkan dalam kain nusantara dengan masing-masing daerah mempunyai ciri khas wastra yang dihasilkan.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link

Related Articles