3 Tips Pakai Retinol Bagi Pemula, Salah Satunya Layering Sandwich

JawaPos.com – Retinol menjadi salah satu produk perawatan kulit wajah atau skincare primadona para beauty enthusiast untuk merawat kecantikan. Sebab, retinol memiliki manfaat mengatasi penuaan kulit, mengecilkan pori-pori hingga masalah jerawat.

Namun, ketika baru pertama kali menggunakan retinol, tak jarang memberikan efek tidak nyaman pada kulit wajah. Seperti kemerahan hingga kering. Sebenarnya, diungkapkan Abie selaku perwakilan Kiehl’s Indonesia, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk pemula jika mau mencoba retinol.

“Ada beberapa info di luar sana yang beredar seperti kemerahan, panas dan lainnya saat pakai retinol. Tapi efek tersebut bisa diminimalisasi dengan beberapa langkah, jadi tidak perlu takut,” ujar Abie dalam acara Kiehl’s 1851 Subway di Senayan City, baru-baru ini.

Pertama, ungkap Abie, gunaka retinol pada daerah muka yang tidak terlalu sensitif. Misalnya, terapkan pada daerah pipi setiap malam selama satu bulan. Jika tidak ada efek, maka bisa diaplikasikan ke seluruh muka. “Jadi jangan langsung gunakan pada seluruh muka. Cari bagian muka yang tidak sensitif,” ujar Abie.

Lalu, kedua, tidak langsung gunakan setiap malam. Saat pertama kali memakai retinol, coba terapkan seminggu 3 kali pemakaian.

Ketiga, coba terapkan teknik layering sandwich. Jika biasanya menggunakan serum dulu baru moisturizer, maka bisa dibalik. Jadi gunakan moisturizer dulu baru serum yang mengandung retinol.

“Tapi kalau kulitnya benar-benar sensitif dan benar-benar mau coba si serum retinol, bisa ditiban lagi dengan moisturizer. Jadi moisturizer, retinol, moisturizer. Itu bisa meminimalisasi reaksi tidak nyaman,” sambungnya.

Selain itu, pastikan serum retinol yang digunakan mengandung ceramide. Kenapa? Kandungan ceramide ini sebetulnya akan membantu reaksi tidak nyaman di kulit. Ini berkaitan dengan kelembapan dan skin barrier.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah


Credit: Source link