3 Tips Pilih Mitra Bisnis Agar Usaha Makin Maju, Ini Saran Psikolog

JawaPos.com – Bukan hanya sekadar modal jika ingin menggeluti usaha. Ternyata mitra atau rekan bisnis juga harus memiliki chemistry agar bisnis bisa maju pesat dan berkembang.

Dalam keterangan tertulis ShopeePay Talk membahas lika-liku membangun bisnis bersama serta faktor penting apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih rekan bisnis. Sebab fase awal membangun sebuah bisnis membutuhkan persiapan yang sangat kompleks.

“Menggandeng rekan bisnis dapat menjadi salah satu solusi efektif karena sinergi dari beberapa individu sekaligus dapat membantu meningkatkan efektivitas setiap proses yang ada di dalamnya. Bagaimana bisa mengulik strategi mencari dan menjaga komunikasi yang sehat dengan rekan bisnis,” tutur Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay Eka Nilam Dari, Selasa (19/10).

Psikiater dr. Jiemi Ardian, Sp.KJ., menjelaskan beberapa tips untuk bisa diikuti dalam memilih rekan bisnis yang tepat. Bagaimana caranya?

1. Keterampilan berbeda, tujuan tetap sama

Salah satu fondasi yang dibutuhkan dalam mengembangkan bisnis bersama rekan dapat mulai dibangun dengan mencari rekan bisnis yang memiliki keterampilan berbeda. Pada dasarnya setiap individu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, keterampilan berbeda dapat membantu para pemilik bisnis untuk saling melengkapi satu dengan lainnya dalam mendorong perkembangan bisnis.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link