5 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa, Apa Saja?

JawaPos.com – Tepat hari ini, Kamis (30/3), diperingati sebagai Hari Film Nasional 2023. Peringatan bertujuan untuk memotivasi sekaligus meningkatkan rasa percaya diri para sineas tanah air untuk terus menghadirkan karya-karya berkualitas, menghasilkan prestasi gemilang, sehingga dapat mengangkat derajat film Indonesia.

Dalam momentum Hari Film Nasional, JawaPos.com merangkum 5 film nasional terlaris sepanjang masa yang sukses menyedot perhatian publik luas saat tayang di bioskop. Menariknya, dari 5 film terlaris sepanjang masa tersebut, tahun 2022 menjadi penyumbang film terbanyak. Berikut ulasan singkatnya.

1. KKN di Desa Penari

Film KKN Di Desa Penari menjadi film terlaris sepanjang masa pertama dengan perolehan penonton berjumlah fantastis. Film garapan rumah produksi MD Pictures tersebut sukses mengumpulkan angka penonton 10.061.033.

Angka tersebut merupakan gabungan antara film KKN Di Desa Penari yang tayang di momen lebaran Idul Fitri tahun 2022 lalu dengan film KKN di Desa Penari: Luwih Dowo, Luwih Medeni yang merupakan versi extended.

Film ini dibintangi Tissa Biani, Adinda Thomas, Aghniny Haque, Achmad Megantara, Calvin Jeremy, dan M Fajar Nugraha. Menceritakan tentang 6 mahasiswa yang melakukan KKN (kuliah kerja nyata) di sebuah desa terpencil.

Ternyata desa yang mereka pilih bukan lah desa biasa. Pasalnya, di sana ada alam lain yang dihuni makhluk gaib yang bisa mengancam keselamatan orang-orang. Pak Prabu (Kiki Narendra), sang kepala desa, memperingatkan 6 mahasiswa tersebut untuk tidak melewati batas gapura terlarang.

Namun sayangnya di antara mahasiswa yang menjalani KKN malah memasuki daerah terlarang tersebut. 6 mahasiswa ini kemudian mulai mendapatkan gangguan bahkan sampai mengancam keselamatan mereka semua dari sosok penari misterius.

2. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1

Film terlaris sepanjang masa kedua dipegang oleh film dari rumah produksi Falcon Pictures, Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1. Film ini tayang pada 2016 silam di bioskop ditonton sebanyak 6.858.616 kali di bioskop. Sebelum adanya KKN di Desa Penari, rekor film terlaris sepanjang masa selama beberapa tahun dipegang oleh film arahan sutradara Anggy Umbara tersebut.

Film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 dibintangi oleh Abimana Aryasatya (Dono), Vino G Bastian (Kasino), dan Tora Sudiro (Indro). Di film ini, Dono dkk berperan sebagai personil sebuah lembaga bernama CHIIPS (Cara Hebat Ikut Ikutan Pelayanan Sosial).

Kendati mereka bersemangat sekali menjalankan tugas dalam melayani masyarakat, kekacauan kerap timbul akibat ulah konyol Dono dkk. Hal itu kemudian membuat bos mereka kecewa. Sang bos lantas menghadirkan professional CHIIPS bernama Sophie dari Paris untuk membantu mereka dalam menangkap pelaku kejahatan. Lagi-lagi mereka gagal. Kegagalan akibat kekonyolan Dono dkk membuat mereka ditangkap dan dibawa ke pengadilan.

3. Pengabdi Setan 2: Communion

Film Pengabdi Setan 2: Communion juga menjadi film terlaris sepanjang masa. Film garapan sutradara Joko Anwar tersebut ditonton sebanyak 6.390.970 kali saat tayang di bioskop pada 2022 lalu.

Film Pengabdi Setan 2: Communion dibintangi sejumlah pemain yaitu Tara Basro, Endy Arfian, Nasar Anuz, dan Bront Palarae.

Menceritakan tentang kejadian setelah beberapa tahun kejadian mengerikan yang membuat mereka harus kehilangan ibu dan si bungsu Ian. Rini (Tara Basro) dan adik-adiknya yaitu Toni (Muhammad Adhiyat) dan Bondi (Nasar Annuz), serta Bapak (Bront Palarae) lantas memilih tinggal di rumah susun.

Mereka menganggap tinggal di rumah susun akan membuat mereka aman karena rusun dipenuhi banyak orang. Namun mereka kemudian menyadari bahwa tinggal bersama banyak orang mungkin juga sangat berbahaya apabila tidak saling mengenal.

Film Pengabdi Setan 2: Communion mengungkapkan fakta tentang sosok Bapak yang selalu pergi keluar dengan membawa koper tanpa diketahui oleh Rini dan adik-adiknya apa pekerjaan si Bapak sebenarnya.

4. Dilan 1990

Film garapan sutradara Fajar Bustomi ini juga termasuk salah satu film terlaris sepanjang masa. Film Dilan 1990 yang tayang di bioskop tanah air pada 2018 silam berhasil mengumpulkan angka 6.315.664.

Film yang diadaptasi dari novel karya Pidi Baiq ini menceritakan tentang Milea (Vanesha Prescilla) dan Dilan (Iqbaal Ramadhan) yang bertemu di sebuah SMA di Bandung pada tahun 1990.

Perkenalan yang tidak biasa membawa Milea mengenal keunikan Dilan. Dia pintar, baik hati, serta romantis lewat kata-kata dan puisinya. Cara Dilan dalam mendekati Milea tidak sama dengan teman-teman lelaki lain. Hal itu embuat Milea terkesan sehingga mereka jadi semakin dekat. Kendati demikian, hubungan mereka lepas dari sejumlah cobaan.

5. Miracle in Cell No 7

Film arahan sutradara Hanung Bramantyo ini merupakan film remake dari film box office berjudul Miracle in Cell No. 7 asal Korea Selatan. Ketika di bioskop tanah air pada 2022 lalu, film ini berhasil mengantongi angka 5.861.067.

Film Miracle in Cell No 7 menceritakan tentang penerapan hukum yang salah atau semacam peradilan sesat. Dodo Rozak (Vino G. Bastian) yang hanya ingin membahagiakan anaknya, Kartika (Graciella Abigail/Mawar De Jongh) justru dianggap sosok di balik insiden pembunuhan anak kecil. Padahal pada kenyataannya si Dodo sama sekali tidak melakukan aksi pembunuhan.


Credit: Source link