7 Keunikan Konten Bapak Bule yang Bisa Dipelajari Calon Kreator Konten

JawaPos.com – Perkembangan media sosial yang sangat pesat melahirkan sejumlah figur yang kemudian menjelma menjadi sosok baru di dunia entertainment lewat konten-konten mereka. Di segmen komedi, Bapak Bule adalah salah satu nama yang cukup melejit dan bisa dijadikan referensi bagi yang ingin menjadi konten kreator.

Bagi yang belum tahu, Bapak Bule adalah seorang konten kreator asal Belanda yang tinggal di Bali. Menggunakan Bahasa Indonesia yang masih kental dengan dialek Belanda, pemuda yang diketahui bernama asli Wesley ini kerap kali membuat konten konyol yang sangat relatable dengan orang-orang Indonesia, dan tentunya bisa diterima dengan baik oleh para audience-nya.

Memulai perjalanannya di dunia media sosial pada 2021, pria yang pernah menjadi mahasiswa di salah satu universitas negeri di Bali itu kini sudah memiliki ribuan pengikut di TikTok, YouTube, dan Instagram.

Setidaknya, ada tujuh poin yang membuat Bapak Bule menjadi salah satu konten kreator yang bisa dijadikan panutan:

 

1. Menyenggol Sejarah Kelam Indonesia-Belanda

Salah satu kekuatan konten Bapak Bule adalah saat ia membalut sejarah kelam antara Indonesia dan Belanda dengan komedi yang ringan dan tidak membuat penontonnya merasa terprovokasi. Seperti yang diketahui bahwa Belanda pernah menjajah Indonesia selama 350 tahun demi rempah-rempah. Elemen ini kemudian dijadikan konten olehnya dengan gaya yang halus, tapi tetap menghibur, bahkan mengundang komentar-komentar yang tidak kalah menghiburnya.

2. Lucu dan Menegangkan

Konten yang dibuat Bapak Bule bukan hanya komedi pada umumnya. Ia juga menyelipkan beberapa adegan yang cukup menegangkan dan kreatif, seperti misalnya saat ia mengendari motor sembari berzig-zag di jalan raya untuk menghindari jalanan yang penuh dengan lubang, atau saat ia memakan cabai untuk membuktikan bahwa orang barat juga bisa makan pedas.

3. Dekat dengan Masyarakat

Banyak Bapak Bule yang dibuat berdasarkan kejadian atau isu terkini yang sedang viral di tengah masyarakat. Hal ini akhirnya membuat konten yang ia sajikan terasa begitu dengan dan relate dengan penontonnya, seperti kebiasaan anak-anak pemain mobile gaming, kebiasaan membawa motor, dan sebagainya.

4. Orisinil dan Komunikatif

Seluruh konten yang dikerjakan oleh Bapak Bule bersifat orisinil tanpa menambahkan unggahan video lucu dari akun lain. Selain itu, ia juga kerap memberikan call to action kepada para penontonnya untuk mengomentari atau menanggapi videonya. Hal ini membuat kontennya menjadi lebih komunikatif dengan penonton dan tidak terasa seperti komedi satu arah.

5. Kualitas Video dan Audio Terjaga

Bapak Bule tidak cuma sekadar meningkatkan kualitas dari tema komedi yang dibawakan. Ia juga menjaga kualitas suara dan resolusi gambar sehingga videonya tetap enak didengar dan ditonton oleh publik.

6. Berkarakter 

Komedian dengan tindak-tanduk yang berkarakter dan khas tentunya akan lebih diingat ketimbang yang tampil dengan gaya pada umumnya. Ini juga salah satu hal yang diterapkan oleh Bapak Bule dalam pembuatan kontennya. Selain tampil dengan logat Belanda, ia juga tidak canggung menanggapi komentar atau dalam berinteraksi dengan followers-nya.

7. Tema Sederhana

Konten Bapak Bule tidak mengangkat tema-tema yang berat dan membuat penonton pusing. Sebaliknya, ia menghadirkan tema-tema yang sederhana dan lumrah ditemui di tengah masyarakat, mulai dari gaya hidup sampai kebiasaan-kebiasaan personal yang relatable.


Credit: Source link