Omnibus Law Entaskan Indonesia dari Middle Income Trap

Omnibus Law Entaskan Indonesia dari Middle Income Trap

JawaPos.com – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebut Undang-undang (UU) Omnibus Law Cipta Kerja yang baru saja disahkan bisa jadi solusi bagi Indonesia untuk keluar dari jebakan kelas menengah (middle income trap). Menurutnya, UU ini merupakan terobosan untuk meningkatkan produktivitas, inovasi, dan kreativitas masyarakat melalui berbagai insentif dalam kemudahan berwirausaha dalam meningkatkan pendapatan.

“Omnibus Law tujuannya adalah untuk meningkatkan dan mengentaskan Indonesia dari middle income trap. Pemerintah juga me-reform dengan menggunakan perpajakan memberikan insentif-insentif agar kita mampu meningkatkan produktivitas, inovasi, dan kreativitas kita. Kan kalau kita bicara middle income trap di situlah letaknya,” ujarnya melalui video conference, Senin (12/10).

Sri Mulyani menjabarkan, melalui Omnibus Law perpajakan, ada berbagai insentif agar kesempatan berusaha semakin mudah. “Menjadi negara efisien yang memiliki regulasi yang simpel dan memberikan kesempatan kepada seluruh rakyatnya untuk bisa berusaha secara mudah,” tuturnya.

Sebelumnya pemerintah mengklaim, regulasi tersebut akan memudahkan pelaku usaha, khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk menjadi besar melalui kemudahan perizinan. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebut, izin usaha UMKM hanya cukup melakukan pendaftaran dan tidak disamakan lagi dengan usaha besar.

“Selama ini UMKM disamaratakan dengan usaha besar sehingga kesulitan dalam mengurus perizinan, sekarang kita permudah hanya dalam bentuk pendaftaran,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (7/10).

Selain itu, lanjutnya, regulasi tersebut juga mencakup adanya insentif bagi usaha menengah dan besar yang bermitra dengan pelaku UMKM. Hal itu belajar dari negara lain yang sektor UMKM-nya ikut tumbuh dengan bermitra dengan industri besar.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link

Related Articles