Alasan BMKG Anugerahi Megawati Sebagai Tokoh Pelopor

by

in
Alasan BMKG Anugerahi Megawati Sebagai Tokoh Pelopor

Megawati Soekarnoputri

Jakarta, Jurnas.com – Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri menerima anugerah kehormatan `Tokoh Pelopor Penguatan dan Modernisasi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika untuk Kemanusiaan dan Lingkungan`.

Penganugerakan itu diserahkan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati melalui sebuah upacara di kantor Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (25/11/2019) sore.

Hadir sejumlah petinggi negara. Diantaranya adalah Ketua DPR Puan Maharani, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Riset Bambang Soemantri Brodjonegoro, Menteri Sosial Juliari Batubara, Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi Halim Iskandar, dan Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly.

Megawati hadir didampingi sejumlah pengurus PDI Perjuangan. Antara lain Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto, Ketua DPP PDIP Tri Rismaharini, Ribka Tjiptaning, Djarot Syaiful Hidayat dan lainnya.

Menurut Dwikorita, BMKG saat ini akan segera mampu memberi peringatan dini tsunami paling lama 2 menit atau 120 detik setelah gempa terjadi. Namun, pada 2004 lalu saat bencana tsunami di Aceh dan Nias terjadi, kemampuan BMKG adalah dua jam alias 7200 detik.

“Sebelumnya kemampuan kami di 2004 itu, kemampuan kami adalah dua jam. Saat itu tsunami Aceh,” kata Dwikorita.

Semua lompatan kemampuan itu tak mungkin terjadi bila bukan karena peran Megawati Soekarnoputri sebagai Presiden RI Kelima.

Dwikorita lalu berkisah soal Indonesia menghadapi banjir yang menewaskan 22 orang di Jakarta pada 2002 lalu. Saat itu, kenang Dwikorita, curahan hujan sangat tinggi.

Sementara kapasitas BMKG yang masih berada di bawah Departemen Perhubungan, sangat terbatas. Sehingga untuk memberikan prediksi serta peringatan dini kepada masyarakat juga tak mampu.

Megawati disebutnya mampu melihat ke depan. Dengan berbasis pengamatan atas fenomena perubahan iklim akibat kerusakan lingkungan sekaligus aktivitas kegempaaan.

Megawati bervisi bahwa BMKG wajib berperan vital. Yakni untuk bisa memprediksi bencana dan memberi peringatan dini yang akurat kepada masyarakat.

“Di sinilah Ibu Megawati menunjukkan betapa nilai-nilai kemanusiaan bagi seluruh rakyat Indonesia menjadi pertimbangan utama dalam membuat keputusan,” kata Dwikorita.

Maka Megawati membuat Keputusan Presiden nomor 46 dan nomor 48 tahun 2002. BMKG lalu diubah menjadi lembaga pemerintahan nondepartemen yang artinya langsung di bawah presiden.

Baca juga.. :

“Keputusan Ibu Megawati mengeluarkan keppres ini jadi tonggak penting BMKG menjadi seperti saat ini. Peran BMKG jadi lebih berdaya mendukung pembangunan nasional dengan layanan informasi,” kata dia.

Saat ini, BMKG memasuki modernisasi tahap II seperti dirancang sejak awal oleh Pemerintahan era Megawati itu. Tujuannya demi meningkatkan kehandalan layanan meteorologi dan geofisika untuk masyarakat.

Dengan pemberian anugerah ini, kata Dwikorita, pihaknya ingin menyebarluaskan magnet citra kepeloporan berlandaskan nilai kemanusiaan yang dipancarkan oleh Megawati.

“Semoga aura kepeloporan dan spirit yang Ibu Megawati pancarkan dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua,” kata Dwikorita.

Selain Dwikorita, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Bagus Paruhito dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Donny Moenardo juga menyampaikan pernyataannya di acara itu.

Keduanya sama-sama menekankan arti penting perhatian Megawati yang sejak awal ingin membawa Indonesia mampu menghadapi berbagai ancaman bencana yang ada.

Sebab Indonesia memang berada di area cincin api Pasifik (Pacific Ring of Fire) yang membuat seluruh wilayah Indonesia memang rawan bencana gempa alam, tsunami, dan banjir.

“Semoga kita semakin maju dan handal dalam memperkuat kemampuan nasional dalam menghadapi kebencanaan,” kata Donny Moenardo.

Sebuah video mengenai visi serta peran Megawati di dalam mengembangkan BMKG, BNPP, BNPB juga ditayangkan.

Di situ digambarkan bagaimana sejak awal Megawati sudah melihat peran penting ketiga lembaga itu sebagai kekuatan utama negara bersama rakyat menghadapi potensi berbagai bencana di Nusantara.

Juga disampaikan bagaimana sebagai Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati membawa partainya memberikan perhatian sama lewat Badan Penanggulangan Bencana (Baguna).

TAGS : BMKG Megawati Soekarnoputri Tokoh Pelopor

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/62897/Alasan-BMKG-Anugerahi-Megawati-Sebagai-Tokoh-Pelopor/