Ancaman Resesi, Wamendag Optimistis Sektor Perdagangan jadi Backbone

Ancaman Resesi, Wamendag Optimistis Sektor Perdagangan jadi Backbone

JawaPos.com – Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mendampingi Presiden Joko Widodo dalam pembukaan Trade Expo Indonesia (TEI) 2022 yang berlangsung pekan ini. Dalam kesempatan itu, Presiden menekankan perlunya optimisme sekaligus kewaspadaan dalam menghadapi perkembangan ekonomi baru.

Presiden menyampaikan, indikator ekonomi Indonesia seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi, neraca dagang, dan lain-lain menunjukkan kuatnya struktur ekonomi Indonesia. Meskipun demikian, Presiden mengajak semua pihak untuk waspada dan terus bekerja mengamankan sektor ekonomi.

Presiden sendiri secara khusus menyebutkan prestasi perdagangan luar negeri Indonesia yang mencapai surplus 29 bulan berturut-turut. Dalam beberapa periode surplus tersebut bahkan mencapai rekor tertinggi.

Menanggapi hal itu, Jerry meyakinkan bahwa Kementerian Perdagangan (Kemendag), akan mengikuti arahan Presiden sehingga ekonomi Indonesia terus tumbuh di tengah ancaman resesi. Sejumlah langkah sudah dan akan terus dijalankan oleh Kemendag.

Dalam perdagangan dalam negeri ada beberapa langkah Kemendag, yaitu mengamankan ketersediaan dan keterjangkauan barang kebutuhan pokok bagi masyarakat. Selain itu juga meningkatkan dukungan infrastruktur dan sarana perdagangan.

Kemendag juga memperlancar perdagangan bahan baku dan bahan pendukung industri. Serta melakukan trasnformasi sistem perdagangan menuju digitalisasi, membina, dan meningkatkan kapabilitas pelaku perdagangan dan lain-lain.

Sedangkan dalam perdagangan luar negeri, menurut Jerry, Kemendag melakukan sejumlah langkah antara lain terus membuka akses dan jaringan pasar bagi produk-produk Indonesia. Kementerian yang dipimpin Zulkifli Hasan (Zulhas) itu juga melakukan pengamanan perdagangan agar kebijakan perdagangan luar negeri Indonesia bisa berjalan baik. Serta, terus memperjuangkan kepentingan dan kedudukan Indonesia dalam rantai pasok global.

“Kita menggarap dengan serius potensi-potensi perdagangan sekaligus membuka pasar-pasar nontradisional untuk pengembangan ekspor dan juga memunculkan serta membina komoditas perdagangan baru seperti aset kripto,” Jerry dalam keterangannya, Jumat (21/10)

Sama halnya dengan Presiden, Jerry juga optimistis bahwa ekonomi Indonesia akan makin tumbuh dan bertahan meskipun negara-negara lain, termasuk negara maju mengalami resesi. Perdagangan Indonesia menurut Jerry akan makin kuat dengan dukungan seluruh instansi dan pelaku usaha yang semakin kreatif dalam mengelola potensi ekonomi masyarakat.

“Sesuai arahan Presiden, kami siap bekerja semaksimal mungkin dan optimistis kinerja perdagangan akan meningkat,” katanya.

Bukan hanya dalam segi produk, namun juga sumber daya manusia dan sumber daya intitusi Indonesia diyakini akan semakin bagus. “Bisa kita lihat anak muda khususnya dan pengusaha Indonesia sangat progresif dan kreatif,” ungkap Jerry.

Demikian juga dengan institusinya makin berkinerja. “Kita bisa lihat hal tersebut di kementerian dan lembaga negara maupun asosiasi-asosiasi seperti Kadin, Hipmi, dan lain-lain. Karena itu yakin sektor perdagangan akan menjadi backbone ekonomi Indonesia dalam menghadapi kondisi global saat ini,” pungkasnya.

Turut hadir dalam pembukaan TEI 2022 diantaranya Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Mendag Zulkifli Hasan, Mentan Syahrul Yasin Limpo, Menseskab Pramono Anung, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.


Credit: Source link

Related Articles