AS Turunkan FBI Selidiki Ledakan Beirut

by

in
AS Turunkan FBI Selidiki Ledakan Beirut

Pasukan FBI sedang menyelidiki bom yang meledak di Texas, Amerika Serikat

Jakarta, Jurnas.com – Wakil Menteri Urusan Politik Amerika Serikat David Hale mengatakan bahwa FBI akan bergabung dalam penyelidikan ledakan besar di Beirut yang menewaskan sedikitnya 172 orang, mendesak perubahan di Lebanon untuk memastikan hal seperti ini tidak akan terjadi lagi

Menurut David Hale Lebanon membutuhkan reformasi ekonomi dan fiskal, diakhirinya pemerintahan yang tidak berfungsi dan janji-janji kosong.

FBI akan segera bergabung dengan penyelidik Lebanon dan internasional atas undangan Lebanon untuk membantu menjawab pertanyaan tentang keadaan yang menyebabkan ledakan ini,” kata Hale dilansir Middleeast, Jumat (14/08).

Ledakan di pelabuhan Beirut melukai 6.000 orang dan memaksa sekitar 300.000 mengungsi dari rumah mereka di kota, yang sudah tenggelam jauh ke dalam krisis keuangan. Sekitar 30-40 orang masih hilang.

Pihak berwenang menyalahkan ledakan 4 Agustus itu pada tumpukan besar amonium nitrat yang disimpan selama bertahun-tahun di pelabuhan tanpa tindakan pengamanan.

Baca juga.. :

Presiden Lebanon Michel Aoun mengatakan penyelidikan akan menyelidiki apakah penyebabnya adalah kelalaian, kecelakaan atau mungkin “campur tangan eksternal”.

Aoun telah meminta citra satelit Prancis untuk penyelidikan tersebut. Sebuah kapal Angkatan Laut Kerajaan Inggris juga dikerahkan ke Beirut untuk mensurvei lokasi tersebut.

Seorang ahli seismologi Israel mengatakan pada Kamis bahwa ledakan itu didahului oleh serangkaian ledakan, yang terakhir adalah pembakaran kembang api.

Pihak berwenang memperkirakan kerugian akibat ledakan itu mencapai $ 15 miliar, tagihan yang tidak dapat dibayar Lebanon: negara itu sudah gagal membayar utang luar negerinya yang sangat besar pada bulan Maret dan perundingan IMF terhenti.

Bantuan kemanusiaan telah mengalir masuk. Tetapi negara-negara asing yang pernah membantu telah menjelaskan bahwa mereka tidak akan memberikan dana untuk membantu Lebanon keluar dari keruntuhan ekonomi tanpa reformasi untuk menangani korupsi dan pemborosan negara.

Hale, diplomat AS No. 3, mengatakan Washington akan mendukung pemerintahan baru yang “mencerminkan keinginan rakyat” dan memberlakukan reformasi. Dampak ledakan memaksa kabinet mundur minggu ini.

Tetapi kesepakatan tentang yang baru bisa menakutkan di negara dengan perpecahan faksi dan sistem pembagian kekuasaan sektarian. Kemarahan publik telah tumbuh pada elit politik yang berkuasa selama beberapa dekade, yang banyak disalahkan atas kesengsaraan negara.

Pemerintah yang sekarang menjabat mulai menjabat pada Januari dengan dukungan dari berbagai partai politik, termasuk Hizbullah Muslim Syiah yang bersenjata lengkap. Bersama dengan sekutunya, mereka memiliki mayoritas kursi di parlemen.

Amerika Serikat mengklasifikasikan Hizbullah, yang didukung oleh Teheran, sebagai teroris. Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mendarat di Beirut pada Kamis malam, kata media lokal.

Pasukan keamanan dikerahkan di Beirut pada hari Kamis, menghentikan pengunjuk rasa mencapai sesi legislatif.

“Mereka semua adalah penjahat, mereka adalah orang-orang yang menyebabkan bencana ini, ledakan ini,” kata pengunjuk rasa Lina Boubess, 60 tahun.

“Bukankah mereka cukup mencuri uang kita, nyawa kita, impian kita dan impian anak-anak kita? Apa lagi yang harus kita hilangkan? ”

Parlemen menyetujui keputusan pemerintah sebelumnya yang menyatakan keadaan darurat, yang dikritik oleh para aktivis sebagai upaya untuk menekan perbedaan pendapat. Itu juga mengkonfirmasi pengunduran diri delapan anggota parlemen yang mundur setelah ledakan itu.

TAGS : Amerika Serikat Ledakan Beirut FBI

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/77035/AS-Turunkan-FBI-Selidiki-Ledakan-Beirut/