Astra resmi buka ASTRAtech di kawasan Cikarang

Astra resmi buka ASTRAtech di kawasan Cikarang
Cikarang (ANTARA) –

PT Astra International Tbk melalui Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI), resmi melakukan pembukaan kampus baru ASTRAtech, institusi pendidikan tinggi vokasi, di Delta Silicon, Cikarang, Jawa Barat.

 

Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro di Cikarang, Senin, mengatakan bahwa pendidikan vokasi memiliki peran yang penting dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul yang siap terjun ke dunia kerja

“Kampus baru Astratech diharapkan dapat terus meningkatkan prestasi untuk menjadi institusi pendidikan politeknik yang menghasilkan sumber daya manusia yang tidak hanya kompeten, terampil, dan unggul sesuai kebutuhan industri dan tenaga kerja, tetapi, juga memiliki etos kerja yang tinggi dan semangat serta cita-cita besar untuk mewujudkan kemajuan Indonesia,” kata Djony.

Astra kurang lebih menggelontorkan dana hingga Rp600 miliar untuk membangun ASTRAtech. Kampus seluas 5 hektar itu dapat menampung hingga 2.000 mahasiswa.

Baca juga: Astra alokasikan belanja modal dan investasi Rp39 triliun di 2023

ASTRAtech merupakan salah satu wujud nyata kontribusi Astra bagi Indonesia di bidang pendidikan. ASTRAtech telah didirikan sejak 1995, semula bernama Akademi Teknik Federal dan kemudian berganti nama menjadi Politeknik Manufaktur Astra pada 2001.

Pada April 2021, kampus resmi berganti nama menjadi Politeknik Astra, dengan nama brand ASTRAtech. ASTRAtech memiliki delapan program D3 dan D4, yang terdiri dari enam program studi D3, dan dua program studi D4.

Seluruh program studi tersebut dikembangkan sesuai dengan teknologi yang dibutuhkan industri. ASTRAtech mengimplementasikan vokasi Astra Dual System yang didukung oleh industri Grup Astra.

ASTRAtech diklaim sebagai institusi pertama di Asia yang menerapkan program sertifikasi German Bachelor Professional (Meister) bidang otomotif sesuai standar sertifikasi Meister di Jerman, suatu skema pengembangan SDM yang menjadi salah satu kunci sukses daya saing industri Jerman.

Hingga kini, ASTRAtech telah berhasil meluluskan 33 orang dengan gelar German Bachelor Professional bidang otomotif. ASTRAtech memiliki beberapa pengajar dengan sertifikasi Meister dan juga pengajar profesional dari industri Grup Astra dengan tujuan untuk mendorong peningkatan kualitas lulusan.

Baca juga: Astra bangun Kampus Politeknik Manufaktur di Bekasi

Baca juga: Kemenperin hadirkan sekolah vokasi industri otomotif di Jawa

Baca juga: Disnaker Bekasi gandeng perusahaan beri pelatihan kerja siswa SMK

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023

Credit: Source link

Related Articles