Berapa konsumsi BBM Wuling New Cortez?

Berapa konsumsi BBM Wuling New Cortez?
Jakarta (ANTARA) – Wuling Motors Indonesia mengenalkan mobil keluarga (MPV) New Cortez pada semester pertama tahun ini, dengan mesin lebih bertenaga yakni 1.500cc turbocharged 4 cylinders in-line, DOHC, DVVT.

Mesin itu menghasilkan tenaga maksimal 140 hp/5,200 rpm dan torsi maksimal 250 Nm/1,600 – 3,600 rpm, namun dengan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dibandingkan Cortez seri pertama.

ANTARA pada pekan ini mencoba New Cortez EX untuk rute dalam kota (Cileungsi-Jakarta Pusat) dengan jarak rata-rata 100 km pergi-pulang selama tiga hari.

Baca juga: Wuling Cortez Series, lega & fitur berlimpah harga mulai Rp228,5 juta

Pada rute harian dengan kemacetan lalu lintas dan cara berkendara stop and go, New Cortez tipe EX berdimensi bongsor 4,780 x 1,816 x 1,755 (termasuk roof rail) mencatat konsumsi bahan bakar 10,4 km/liter berdasarkan data pada layar multi-information display (MID).

Lain halnya jika mobil itu melaju di jalanan bebas hambatan di mana layar MID mencatat konsumsi BBM 14,1 km/liter.

 

Dashboard Wuling New Cortez EX (ANTARA/ALVIANSYAH PASARIBU)

Hasil menggunakan pantauan MID juga tidak jauh berbeda saat dihitung menggunakan metode full-to-full, yakni menghitung konsumsi bensin yang digunakan dari posisi tangki penuh, kemudian diisi kembali. Dalam metode full-to-full, jumlah liter yang diisi menjadi angka konsumsi yang dibagi dengan jarak tempuh, untuk menghasilkan angka yang akurat.

Dengan jarak tempuh 300km selama tiga hari yang dimulai dengan tangki penuh sesuai kapasitas Cortez yakni 52 liter, jumlah BBM yang dikonsumsi sebanyak 25,3 liter menggunakan jenis RON 92, maka New Cortez mencatat konsumsi bensin sebanyak 11,85km/liter.

Hasil itu didapat dengan cara berkendara normal, tetap menghidupkan AC selama perjalanan, membawa penumpang dan barang serta kondisi lalu-lintas saat hari kerja pada Senin hingga Rabu.

Kendati demikian, tentunya konsumsi bahan bakar akan berbeda, tergantung gaya mengemudi setiap orang serta kondisi lalu lintas yang dilalui.

Di luar aspek konsumsi BBM, New Cortez memberikan banyak keunggulan fitur teknologi melalui WIND (Wuling Indonesian Command) IoV (Internet of Vehicle), head unit 10,25 inci, serta kenyamanan melalui electric seat, captain seat dan multipurpose seat tray yang jarang ada pada kompetitor di kelasnya.

New Cortez tipe CE dijual Rp271,3 juta sedangkan New Cortez tipe EX Rp309,65 juta berstatus on the road Jakarta.

Baca juga: New Cortez EX, MPV paket lengkap untuk liburan bersama keluarga

Baca juga: Wuling promo akhir tahun, DP Rp13 juta bisa bawa pulang New Cortez

Baca juga: Wuling gelar program “Year End Sale” untuk Almaz RS, Cortez & Confero

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022

Credit: Source link

Related Articles