Bertarung dengan Teror Bom dalam Film Korea Decibel

Bertarung dengan Teror Bom dalam Film Korea Decibel

Ketika Kim Rae-won, Lee Jong-suk, dan Cha Eun-woo bertemu, akan terjadi parade visual yang menyenangkan. Namun, Decibel yang menyatukan mereka lebih dari itu. Film tersebut mampu menghadirkan ketegangan sekaligus keharuan.

RAE-WON berperan sebagai Do-yeong, seorang mantan komandan angkatan laut yang selamat dari sebuah kecelakaan kapal selam bersama dengan separo anggotanya. Selamat dari maut rupanya tak membuat hidupnya tenang. Dia tiba-tiba mendapat telepon dari sosok misterius yang menempatkan bom di beberapa titik keramaian. Di antaranya, lapangan sepak bola dan kolam renang.

Bom itu akan bereaksi lebih cepat jika intensitas suara di dekatnya lebih dari 100 desibel. Do-yeong berusaha sekuat tenaga menyelamatkan banyak orang dari ledakan bom. Terlebih setelah dia tahu bahwa teror tersebut berkaitan dengan ”rahasia’’ yang disimpannya saat terjadi kecelakaan kapal selam setahun silam.

Alur cerita film itu disampaikan secara maju mundur. Terkadang cukup membuat penonton berpikir lebih dalam, apalagi terdapat banyak istilah terkait kapal selam dan bom. Sayangnya, tidak seperti ekspektasi, film itu tidak terlalu berfokus pada bom berorientasi suara seperti judulnya. Bom memang mendominasi film. Tapi, faktanya tidak semua bom dipicu dengan suara.

Yang membikin penasaran justru bagaimana anggota angkatan laut itu bertahan di kapal selam selama sekian hari setelah kecelakaan. Kendati demikian, film tersebut tetap menarik karena alurnya berjalan cepat dan padat sehingga tidak ada scene yang sia-sia. Kemudian, ditambah aksi yang intens di setiap menitnya.

Kemampuan akting Rae-won tak perlu diragukan lagi. Dia bahkan melakukan adegan berbahaya dalam film itu tanpa pemeran pengganti. Mulai kebut-kebutan mobil, melompat dari gedung tinggi, hingga menyelam ke dalam air. ’’Aku sangat berorientasi pada detail dan aku berusaha keras dengan cara yang dapat dilihat hampir merusak. Aku memutuskan untuk menampilkan adegan itu sendiri guna menyampaikan emosi otentik karakter dengan lebih baik,’’ kata Rae-won, sebagaimana dilansir dari The Korea Times.

Penonton juga dapat menyaksikan perkembangan akting Eun-woo dalam film tersebut. Meski mendapat porsi layar yang relatif kecil, Eun-woo berhasil keluar dari zona nyamannya sebagai flower boy. Meski itu merupakan debut layar lebar, Eun-woo mampu memberikan kejutan.

Sebelumnya, member boyband Astro itu lebih dikenal sebagai pemain K-drama. Di antaranya, My ID is Gangnam Beauty (2018), Rookie Historian Goo Hae Ryung (2019), dan True Beauty (2020). ’’Semua scene yang menampilkan Cha Eun-woo tidaklah mudah, tapi aku terkejut melihatnya berakting dengan sempurna,’’ kata sutradara Hwang In-ho, sebagaimana dilansir dari Pinkvilla.

Di sisi lain, menyaksikan Jong-suk berperan sebagai villain dalam film tersebut tak kalah menarik. Bintang drama Big Mouth (2022) itu memiliki cerita mengharukan yang menyentuh hati penonton di balik sikap jahatnya. Akting Jong-suk begitu mengesankan. Di luar terlihat tenang dan suportif, namun sejatinya dia menyimpan trauma mendalam atas kejadian pada masa lalu.

Seperti itulah cerita yang bisa ditangkap dari Decibel. Tokoh protagonis maupun antagonis memiliki posisi yang sejajar. Tidak ada orang yang akan baik-baik saja setelah melalui kejadian di kapal selam tersebut. Namun, pilihan yang mereka buat dalam menyembuhkan trauma itulah yang membedakan posisi mereka nanti.

Decibel yang merupakan karya pertama In-ho pasca-istirahat cukup lama setelah menggarap film Monster (2014), meski agak lemah dalam menggambarkan efek emosional dalam adegan masa lalu, tetap layak ditonton karena memiliki adegan aksi yang dieksekusi dengan bagus, narasi cerita yang apik, dan akting pemain yang tidak kaleng-kaleng.

DECIBEL

SUTRADARA: Hwang In-ho

PENULIS: Hwang In-ho, Lee Jin-hoon

CAST: Kim Rae-won, Lee Jong-suk, Cha Eun-woo, Lee Min-ki, Jung Sang-hoon, Park Byung-eun

GENRE: Drama/action/thriller

DURASI: 1 jam 50 menit

TANGGAL RILIS: 30 November 2022

PRODUKSI: East Dream Synopex

IMDB: 8,5/10

Eun-woo menyanyikan salah satu soundtrack film itu, yakni Love Sailing. Dia bercerita bahwa saat menyanyikannya sambil memikirkan sudut pandang karakternya, Tae-ryong. Karakter itu memang digambarkan memiliki kisah yang tragis sehingga membuat Eun-woo terharu.

Perilisan film tersebut berbarengan dengan jalannya serial TV The First Responders yang juga dibintangi Rae-won. Dia mengaku bekerja siang malam untuk dua proyek itu hingga tak sempat menjalankan hobi.

Sutradara In-ho memilih Jong-suk karena aktor tersebut dapat berakting tanpa berbicara. Menurut dia, Jong-suk dapat menceritakan kisah hanya dengan ekspresi dan tatapan matanya.


Credit: Source link

Related Articles