Curtain Call, Melodrama Rasa Nostalgia K-Drama 2000-an

Curtain Call, Melodrama Rasa Nostalgia K-Drama 2000-an

Konflik dua Korea menjadi tema yang tak akan habis digali. Curtain Call bercerita tentang keluarga yang terpisah, lalu retak dan terancam hancur. Ada kisah hangat yang tersaji saat orang-orang di dalamnya berusaha menyatukan lagi hubungan di ujung tanduk itu.

TAK ada yang spesial dari hidup Yoo Jae-heon (Kang Ha-neul). Dia adalah aktor panggung di sebuah produksi teater kecil. Di luar jam pentas, Jae-heon bekerja serabutan. Walau hidup pas-pasan dan teaternya tak selalu ramai, Jae-heon selalu riang dan optimistis. Sikap itu membuat rekannya di teater Seo Yoon-hee (Jung Ji-so) diam-diam jatuh hati.

Hidup Jae-heon berubah saat dirinya mendapat tawaran dari Jung Sang-cheol (Sung Dong-il), mantan manajer Hotel Nakwon. Dia diminta memerankan Ri Moon-sung, cucu semata wayang Ja Geum-soon (Ko Du-shim) yang tinggal di Korea Utara. Bayarannya selangit. Yakni, KRW 500 juta (Rp 5,914 miliar) untuk tiga bulan.

’’Perekrutan’’ Jae-heon bukan tanpa alasan. Sang-cheol ingin menghadirkan keluarga yang hangat dan utuh untuk Geum-soon, mantan bosnya, di tiga bulan terakhir hidupnya. Moon-sung asli (Noh Sang-hyun) hilang kontak dengan keluarga neneknya. Dia kini menjadi bandar narkoba yang beroperasi di Korea-Tiongkok. Citra buruk itu jelas bakal menghancurkan hati sang nenek.

Penyamaran itu tak mudah. Untuk meyakinkan anggota keluarga Ja lainnya, Jae-heon mengajak Yoon-hee berpura-pura menjadi istrinya. Dia pun dibantu Park Se-yeon (Ha Ji-won), cucu termuda Geum-soon. Se-yeon yang memahami ’’sandiwara’’ Sang-cheol bekerja keras agar Jae-heon mampu menjadi Moon-sung yang meyakinkan.

Dia juga berharap upaya itu membantunya mempertahankan Nakwon Hotel, yang bakal dijual kakak tertuanya, Park Se-jun (Ji Seung-hyun). Segala upaya itu hampir gagal. Sebab, Moon-sung tiba-tiba hadir.

Berbeda dengan drama rilisan baru, Curtain Call memiliki nuansa drama klasik Korea. Khas rilisan era 2000-an. Kisahnya sederhana, tetapi punya jalinan karakter yang kompleks dan alur yang cenderung lambat. Walau dibalut intrik keluarga, serial besutan Yun Sang-ho itu memiliki cerita yang hangat dan optimistis.

Drama tersebut juga berhasil mengeksekusi konsep universe kecil dan alur waktu yang cukup panjang. Terlebih, para cast punya penampilan yang solid. Sekilas, tema dan ’’kerangka’’ film itu mengingatkan penonton pada Pachinko. Kekurangannya, cerita dituturkan dengan tempo lambat dari kebanyakan K-drama rilisan baru lainnya. Selain itu, tokoh kunci Ri Moon-sung –yang diperankan Noh Sang-hyun– juga dikenalkan cukup terlambat.

Curtain Call sekaligus menandai berakhirnya masa vakum Ha Ji-won selama hampir tiga tahun. Dia kali terakhir membintangi Chocolate, melodrama JTBC-Netflix. Dalam konferensi pers, Ji-won menyatakan, dirinya menerima tawaran tersebut lantaran naskah drama yang segar. ’’Proyek ini membuatku berpikir ’siapa aku, bagaimana aku hidup, dan seperti apa peranku?’,’’ imbuh aktris berusia 44 tahun tersebut.

Sementara itu, Kang Ha-neul menyatakan, drama yang menggantikan The Law Cafe itu punya kekuatan di konsep cerita yang seru. ’’Yoo Jae-heon perlahan sadar, menjalani hidup orang lain berarti harus siap ada di semesta yang berbeda,’’ paparnya. Buat dia, peran Jae-heon melalui perkembangan karakter yang unik.

Tim produksi Curtain Call mengungkapkan, kekuatan drama ada pada inti cerita yang sederhana dan relate bagi siapa pun. ’’Penderitaan seorang perempuan biasa saja mencoba bertahan hidup akan memikat mata dan hati penontonnya. Ada cerita tentang keluarga yang menemukan lagi rasa hangat yang hilang. Kisah itu dituturkan perlahan bagai dentum lonceng,’’ papar perwakilan tim produksi.

TRIVIA

– Peran Ja Geum-soon awalnya akan dibawakan Youn Yuh-jung, tetapi digantikan Ko Du-shim.

– Jung Hae-in dan Son Ye-jin sempat didekati tim produksi untuk memerankan tokoh utama.

– Jika mendapat tawaran, Kang Ha-neul menyatakan tertarik memerankan orang lain di kehidupan nyata seperti Yoo Jae-heon.

– Selain cerita yang hangat dan menarik, Ha Ji-won menyukai karakter Park Se-yeon karena tampil fashionable.

– Jung Ji-so menyatakan, Curtain Call menjadi salah satu proyek paling bermakna di kariernya. Sebab, dia beradu akting dengan banyak bintang veteran.

– Noh Sang-hyun untuk kali kedua memerankan tokoh asal Korea Utara. Sebelumnya, dia menjadi pendeta Korea Utara Baek Isak di Pachinko.

– Dawon SF9 dikonfirmasi akan tampil sebagai versi muda Jung Sang-cheol, yang diperankan Sung Dong-il.

CURTAIN CALL

Sutradara: Yun Sang-ho

Penyiaran: KBS2, Prime Video

Episode: 6 (sudah tayang 8 episode)

Jadwal rilis: Senin-Selasa, pukul 21.50 WIB

Pemeran: Kang Ha-neul, Ha Ji-won, Ko Du-shim, Jung Ji-so, Noh Sang-hyun

AsianWiki: 89%

IMDB: 8,5/10


Credit: Source link

Related Articles