BI Catat Kredit Tumbuh 10,71 Persen Sepanjang Juli 2022

BI Catat Kredit Tumbuh 10,71 Persen Sepanjang Juli 2022

JawaPos.com – Bank Indonesia (BI) mencatat pertumbuhan kredit melesat hingga 10,71 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy) pada Juli 2022, ditopang oleh peningkatan di seluruh jenis kredit dan pada sebagian besar sektor ekonomi.

“Intermediasi perbankan (pertumbuhan kredit) melanjutkan perbaikan dan mendukung pemulihan ekonomi,” ucap Gubernur BI Perry Warjiyo dalam Pengumuman Hasil Rapat Dewan Gubernur BI Bulan Agustus 2022 di Jakarta, Selasa.

Pemulihan intermediasi juga terjadi pada perbankan syariah, dengan pertumbuhan pembiayaan sebesar 15,2 persen (yoy) pada Juli 2022.

Dari sisi penawaran, kata dia, berlanjutnya perbaikan intermediasi didukung oleh standar penyaluran kredit perbankan yang tetap longgar, terutama di sektor industri, pertanian, dan perdagangan seiring perbaikan keinginan penyaluran kredit.

Kendati begitu, suku bunga perbankan masih dalam tren menurun, meski dengan besaran yang semakin terbatas. Di pasar dana, suku bunga deposito satu bulan perbankan turun sebesar 54 basis poin (bps) sejak Juli 2021 menjadi 2,89 persen pada Juli 2022.

“Sedangkan di pasar kredit, suku bunga kredit menunjukkan penurunan 53 bps pada periode yang sama menjadi 8,94 persen,” ungkapnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Antara


Credit: Source link

Related Articles