Bunda Ikut Kelas Parenting Online Untuk Dukung Tumbuh Kembang Anak

JawaPos.com – Orang tua khususnya ibu sebaiknya mendapatkan berbagai bekal parenting dalam mendidik dan mendukung tumbuh kembang anak. Anak-anak saat ini juga harus cerdas dan terhindar dari stunting. Caranya saat ini sudah banyak kelas virtual yang dapat diikuti.

Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), angka stunting di Indonesia tahun 2021 mencapai 24,4 persen dan masih tergolong tinggi karena prevalensi angka stunting seharusnya kurang dari 20 persen mengacu pada data World Health Organization (WHO). Dengan kelas parenting virtual sesuai laporan PrimaKu, orang tua memastikan pertumbuhan dan perkembangan anak yang prima di Indonesia terutama di 1000 hari pertama kehidupan anak dengan cara meningkatkan layanan kesehatan anak secara holistik, mengembangkan berbagai macam fitur aplikasi serta kegiatan edukasi yang konsisten. Dengan begitu 97 persen anak memiliki metrik pertumbuhan dan perkembangan yang lebih baik dan terhindar dari stunting.

“Ingin mengintegrasikan semuanya dalam bentuk kelas parenting online yang menyenangkan serta ‘diasuh’ oleh berbagai dokter dan ahli di
bidang kesehatan dan tumbuh kembang anak,” kata CEO PrimaKu, Muhammad Indraputra, dalam diskusi baru-baru ini.

Ketahui Kelas Virtual Parenting yang Asyik

Ada empat kelas parenting yang dikategorikan berdasarkan usia anak, yakni 0-6 Bulan, 7-12 Bulan, 1-3 Tahun, dan 3-5 Tahun. Pada setiap kelas yang dibuka pada 21 November 2022, para peserta akan mendapatkan materi pelajaran dalam tiga format, yaitu artikel, KULTUM (video pendek), dan webinar, dengan mengangkat tiga pilar di dalamnya, yaitu kesehatan,
wellness, dan ekonomi.

Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr. Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A(K) juga menambahkan untuk mencapai tujuan bersama dan menekan angka stunting di Indonesia dibutuhkan usaha yang konsisten dari berbagai pihak. Pihaknya mendukung program kelas virtual parenting di mana para dokter dan orang tua bisa berinteraksi secara langsung dan intens dengan fokus yang jelas.

Sejalan dengan dr. Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A(K), Direktur Eksekutif International Pediatric Association (IPA), Prof. Dr. dr. Aman Bhakti Pulungan, Sp.A, (K), FAAP, FRCPI (Hon.) menambahkan menjaga, merawat, dan mendidik anak di era digital memang bukan hal mudah. Apalagi sekarang gangguan tumbuh kembang anak, virus, dan penyakit fisik serta mental menjadi lebih advanced sehingga dibutuhkan platform yang terintegrasi agar orang tua mudah untuk mendapatkan edukasi dan informasi yang terpercaya untuk menekan angka stunting.

“Saya yakin Parenthood Institute bisa jadi salah satu ajang belajar parenting yang tak hanya menarik, tapi juga kaya manfaat untuk para orang tua dan anak-anak Indonesia,” jelas dr. Aman.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link