Cukup Mengobrol 4 Menit, Ketahui Sifat Asli dan Kepribadian Seseorang

JawaPos.com – Ternyata tak perlu lama untuk mengenali sifat dan kepribadian seseorang dari kulit luarnya saja. Setidaknya, hanya dengan mengobrol selama 4 menit, kita sudah dapat mengetahui sekilas sifat dan kepribadian seseorang.

Dilansir dari Science Times, Selasa (6/9), para peneliti dari University of Warwick menemukan bahwa obrolan ringan dan santai dapat membantu seseorang mengenal orang lain dan meningkatkan interaksi masa depan mereka satu sama lain. Mereka menemukan bahwa bahkan hanya dengan 4 menit obrolan ringan, subjek mengembangkan kesan kepribadian pasangan mereka.yang memengaruhi perilaku mereka dalam interaksi di masa depan.

Metode Penelitian

Tim mengumpulkan 338 peserta untuk menyelesaikan tes kognitif dan kepribadian sebelum berpartisipasi dalam permainan dengan pasangan, seperti laporan Aumag. Separuh dari mereka diberi kesempatan untuk berbasa-basi sebelum kegiatan, sedangkan separuh lainnya tidak berbicara sama sekali.

Jadi, peneliti meminta 168 peserta untuk terlibat dalam percakapan 4 menit melalui instant messenger. Setiap peserta ditugaskan untuk mencatat kesan kepribadian pasangan mereka. Kemudian mereka diminta untuk memainkan dua permainan strategis dengan orang yang berinteraksi dengan mereka. Di sisi lain, satu set peserta dengan 170 anggota tidak terlibat dalam obrolan ringan sebelum bermain game.

Hasil Penelitian

Berdasarkan hasil, peneliti mengungkapkan bahwa mereka yang berada dalam kelompok di mana peserta memiliki interaksi sebelumnya satu sama lain telah membentuk kesan dengan pasangan mereka. Misalnya, beberapa peserta memutuskan untuk berperilaku lebih kooperatif jika pasangannya lebih terbuka selama permainan dengan elemen kompetitif dan kooperatif.

Lebih dari itu, beberapa peserta merasa lebih sulit untuk menebak lawan mereka jika mereka merasa memiliki kepribadian yang sama selama permainan kompetitif untuk memprediksi perilaku lawan mereka. Para peneliti mencatat bahwa temuan mereka menyoroti pentingnya obrolan ringan.

Mereka menambahkan bahwa komunikasi singkat dan tampaknya sepele dengan orang lain, membantu meningkatkan kita mengenal kepribadian orang-orang. Sehingga kita bisa mengklasifikasikan mereka sebagai baik, buruk, kuat, lemah, membantu, tidak membantu, dan banyak kategori lainnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link