Dengan Perda RTRW, Brebes Klaim Alih Fungsi Lahan Pertanian Nihil

Dengan Perda RTRW, Brebes Klaim Alih Fungsi Lahan Pertanian Nihil

Ilustrasi Lahan Pertanian

Jakarta, Jurnas.com – Peran pemerintah daerah dalam mencegah alih fungsi lahan sangatlah strategis. Hal ini karena Pemda dapat menjadi garda terdepan dan eksekutor di lapangan.

Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah, menggunakan Perda No 13 Tahun 2019 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Brebes Tahun 2019-2039 untuk melindungi lahan pertanian.

Baperdalitbang Kab. Brebes, Eko Kusmartono mengatakan, Perda yang memuat Kawasan Pertanian Pangan Berkelanjutan (KP2B) tersebut berhasil mendorong berkurangnya, bahkan tidak adanya, alih fungsi lahan pertanian di Kabupaten Brebes.

“Secara prinsip dari sisi tata ruang sesuai Perda 13 tahun 2019 tidak ada alih fungsi lahan, karena semua lahan yang ada sudah dipetakan sesuai dengan peruntukannya,” kata Eko, melalui rilisnya, Selasa (21/7).

Seperti misalnya, untuk Kawasan Perindustrian Terintegrasi seluas 5.688 Ha pada praktiknya tidak mengurangi fungsi lahan pertanian.

Hal ini mengukuhkan Brebes tetap sebagai penyangga pangan nasional dan daerah agraris karena masih memiliki lahan pertanian lebih dari 67.000 Ha.

“Jadi dari sisi ketersediaan lahan dan produktivitas pertanian tidak akan mengalami perubahan yang cukup signifikan karena lahan yang digunakan untuk KPI sebagian besar adalah lahan tambak yang kurang produktif dan lahan pertanian atau perkebunan tadah hujan,” pungkasnya.

Kemudian untuk mencegah alih fungsi lahan pertanian, Pemkab Brebes juga terus mengembangkan lahan-lahan baru dengan meningkatkan sarana dan prasarana pertanian, termasuk saluran irigasi.

Selain itu, Pemkab juga menerapkan sistem Indeks Pertanaman (IP) untuk sawah tadah hujan. Indeks pertanaman tersebut sebagai solusi untuk tetap mempertahankan bahkan meningkatkan jumlah produksi pertanian di Brebes.

Seperti diketahui, alih fungsi lahan menjadi momok bagi pertanian di Indonesia. Tiap tahun ada ribuan hektar yang berganti rupa menjadi kawasan industri dan perumahan, termasuk di Kab. Brebes.

Pada tahun 2019 lalu, setidaknya ada 6.000 ribu hektar lahan pertanian yang beralih fungsi dengan adanya Kawasan industri Brebes (KIB).

TAGS : Lahan Pertanian Kabupaten Brebes Pertanian Perda

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/75752/Dengan-Perda-RTRW-Brebes-Klaim-Alih-Fungsi-Lahan-Pertanian-Nihil/

Related Articles