Dibayangi Sentimen Negatif Bursa Saham, Nilai Tukar Rupiah Tertekan

JawaPos.om – Pergerakan nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih dibayangi oleh sentimen negatif yang berasal dari bursa saham. Mengutip kurs tengah Bank Indonesia (BI) saat ini posisi rupiah berada di level Rp 14.199 per dolar AS.

“Sentimen negatif kelihatannya masih mendominasi pergerakan harga aset berisko hari ini yang bisa menekan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS,” kata analis pasar uang Ariston Tjendra kepada JawaPos.com, Jumat (29/10).

Ariston menuturkan, indeks saham Asia terlihat bergerak negatif pagi ini. Pelemahan di bursa saham tersebut kemungkinan dipicu oleh laporan penghasilan perusahaan teknologi besar AS seperti Apple dan Amazon yang di bawah ekspektasi pasar.

“Penurunan pendapatan perusahaan di atas disebabkan oleh gangguan suplai material bahan baku yang masih terjadi akibat pandemi,” tuturnya.

Selain itu, pelaku pasar juga masih mencemaskan soal krisis energi di beberapa negara yang memicu kenaikan harga dan hambatan suplai energi yang bisa mendorong pelambatan pertumbuhan ekonomi global.

Disisi lain, Ariston menambahkan, selain itu pelaku pasar juga dalam keputusan terhadap aset berisiko juga menyoroti keputusan bank sentral dalam kebijakan moneter AS terkait tapering minggu depan.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link