Dinstan Aceh Jaya kembangkan 7.614 hektare jagung pada 2022

Banda Aceh (ANTARA) – Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh, menargetkan penanaman jagung seluas 7.614 hektare pada tahun 2022 dengan produksi sebanyak 11.930 ton.

“Kita targetkan untuk mencapai produksi tersebut rata-rata 4,3 ton per hektare,” kata Kepala Bidang Tanaman Pangan Holtikultural Distan Aceh Jaya Fadlon Mirza di Calang, Selasa.

Ia menjelaskan saat ini proses penanaman jagung pada musim gadu seluas tiga ribu hektare yang tersebar di lima Kecamatan yaitu Teunom, Pasie Raya, Krueng sabee, Indra Jaya dan Jaya.

Baca juga: Prajurit Kodim 0402/OKI ajak warga tanam jagung cegah karhutla

Penanaman selanjutnya yaitu 4.614 hektare akan dilakukan pada Musim Tanam (MT) rendeng mendatang sekitar bulan November 2022.

Ia juga menjelaskan jika saat pihaknya juga mendapatkan bantuan sebanyak 600 hektare dari dana APBN yang ditanam di Kecamatan Teunom dan sudah berumur 28 hari.

Baca juga: Kodim 1702/Jayawijaya galakkan penanaman jagung di lahan tidur

Ia mengatakan khusus komoditi jagung setiap tahunya mencapai target, karena sejumlah petani telah merasakan hasil yang nyata dari bertani jagung khususnya di Kecamatan Teunom dan Pasie Raya.

“Kita juga terus mensosialisasikan kepada masyarakat melalui penyuluh bagaimana memupuk tanaman jagung secara berimbang,” katanya.

Baca juga: Distan Wondama siapkan 200 Ha untuk tanam jagung dan sayur

Ia menambahkan untuk pengembangan jagung ke depan lebih ke arah agro industri, termasuk kerja sama dengan daerah sentra yang ada di kabupaten itu.

Pihaknya bertekad Pemerintah dapat membangun pabrik pengolahan jagung agar hasil petani bisa di tampung oleh Koperasi atau PT yang ada di Aceh Jaya.

Pewarta:
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022

Credit: Source link