Djarot Ingin Langkah Jokowi Diikuti Pemimpin Asean Lainnya

by

in

JawaPos.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengapresiasi kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Rusia dan Ukraina. Bahkan, Jokowi bertemu dua kepala negara yang sedang berseteru itu yakni Vladimir Putin dan Volodymyr Zelensky.

Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat menegaskan, upaya Presiden Jokowi yang ingin melakukan perdamaianan dunia harusnya juga diikuti negara lain. Langkah tersebut dilakukan Jokowi untuk menekan terjadinya krisis yang bisa melanda dunia, mengingat dampak perang Rusia-Ukraina begitu besar.

“Kita apresiasi karena beliau menjadi pemimpin ASEAN pertama yang mengunjungi langsung Ukraina dan Rusia, ini sebagai tanggung jawab beliau sebagai residensi G20. Kita dukung, tentang apakah itu bisa langsung berdamai dan menghentikan perang itu kan tidak bisa Pak Jokowi sendiri. Harusnya seluruh dunia juga ikut dong mendorong perdamaian abadi itu ya,” kata Djarot di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (3/7).

Djarot menyampaikan, langkah Presiden Jokowi merupakan amanat Undang-Undang Dasar 1945. Bisa aktif melakukan perdamaian dunia.

“Jadi kunjungan ini sebagai manifestasi bahwa garis politik luar negeri kita itu adalah bebas dan aktif, maka kita harus dukung untuk membangun perdamaian antara Rusia dan Ukraina. Caranya dengan apa? dengan diplomasi, caranya dengan apa?dengan komunikasi, kan begitu,” tegas Djarot.

Tak dipungkiri, lanjut Djarot, perang Rusia-Ukraina juga berdampak pada melonjaknya harga komoditas pangan. Terlebih, beberapa komoditas pangan juga harus ekspor dari Rusia maupun Ukraina.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Muhammad Ridwan


Credit: Source link