Erina Sofia Gudono Menangis Haru ketika Sungkeman dan Langkahan

Erina Sofia Gudono Menangis Haru ketika Sungkeman dan Langkahan

JawaPos.com – Pendopo Royal Ambarrukmo, Sleman, Jogjakarta, siang ini (10/12) akan menjadi saksi putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, menikahi Erina Sofia Gudono. Prosesi akad berlangsung pukul 13.00 WIB di Pendopo Royal Ambarrukmo, Sleman, Jogjakarta.

Sehari sebelum akad, Erina melangsungkan tradisi siraman di kediamannya, kawasan Sinduadi, Purwosari, Sleman, kemarin (9/12). Dimulai dengan prosesi cethik geni yang dilakukan sang ibu, Sofiatun Gudono, sebagai pembuka dari pernikahan pertama di keluarga mereka. Tepat pukul 10.00 WIB, Erina melakukan sungkeman kepada ibunda serta langkahan kepada kakak-kakaknya.

”Pada kesempatan yang sangat bersejarah ini, Erina mohon restu kepada Mama untuk memulai kehidupan baru yang mandiri, untuk menjalani kehidupan berumah tangga bersama Mas Kaesang,” tutur finalis Puteri Indonesia 2022 itu dengan suara bergetar.

Perempuan kelahiran Pennsylvania, AS, tersebut menitikkan air mata setelah mengungkapkan rasa terima kasih dan permohonan maaf kepada sang ibunda. Ayahanda Erina, (alm) Prof Dr Mohammad Gudono, merupakan guru besar Universitas Gadjah Mada, Jogjakarta.

Sofiatun turut menangis sembari memandang anak ketiganya yang hendak melepas masa lajang. Dia mengenang masa kecil Erina yang selalu jadi penghibur dan penyemangat baginya. ”Waktu begitu cepat berlalu. Masa kecil Erina yang lucu dan selalu membuat ibu sangat berbahagia, kini Erina bersiap untuk hidup mandiri,” tutur ibu empat anak itu.

Sofiatun berpesan agar Erina selalu menjaga salat lima waktu dan tidak terlambat. ”Jalankan perintah Allah, semoga pernikahan kalian samawa,” tutur Sofiatun.

Erina yang Minggu (11/12) bakal genap 26 tahun juga melakukan prosesi langkahan atau mohon izin kepada kedua kakaknya, Allen Adam Rinaldy Gudono dan Nadya Sofia Gudono, untuk menikah lebih dulu. ”Kakak ikhlas lahir batin. Semua sudah menjadi suratan bahwa kamu mendapatkan jodoh terlebih dulu,” jawab Allen.

Prosesi siraman Erina dilakukan oleh Sofiatun beserta enam pinisepuh. Yakni, GKR Hemas, istri Sultan Hamengkubuwana X; GKBRAy Atika Purnomowati, istri Paku Alam X; Siti Faridah Pratikno, istri Mensesneg Pratikno; Sutati Muhaimin; Zulaikha Surenggane; dan Nyai Hj Fatimatuz Zahro.

Siti mengaku senang turut dilibatkan dalam prosesi siraman. ”Terharu juga dianggap keluarga oleh Bu Gudono,” ucapnya singkat setelah acara.

GKR Hemas sangat mengapresiasi keinginan dua keluarga yang tetap menjaga tradisi sesuai dengan aturan yang ada. ”Sebelumnya, keluarga Erina sudah datang ke Keraton Jogja untuk belajar tata cara siraman sesuai aturan keraton,” tuturnya.

Air yang digunakan dalam prosesi siraman berasal dari tujuh sumber. Yakni, rumah Erina, rumah Presiden Joko Widodo, Keraton Kilen Jogjakarta, Pakualaman, Puro Mangkunegaran, Masjid Raya Sheikh Zayed Surakarta, dan air zamzam dari Tanah Suci Makkah.

Mantan Bupati Bantul Sri Roso Sudarmo serta Hendra Prasojo bertugas mengantar air dari rumah Presiden Joko Widodo dan potongan rambut Kaesang ke rumah Erina. Potongan rambut tersebut kemudian ditanam bersamaan dengan potongan rambut Erina sebagai perlambang kebersamaan.

Prosesi siraman di pagi hari berlanjut midodareni pada malam harinya, merupakan penutup prosesi menjelang akad siang ini. Calon mempelai pria datang ke rumah calon mempelai wanita bersama keluarga untuk menyatakan kemantapan hati menikah.

Kaesang ditemani kedua orang tuanya, Jokowi dan Iriana. Kakak pertama Kaesang, Gibran Rakabuming Raka, bertugas memperkenalkan keluarga mereka kepada pihak keluarga Erina. Dalam pidatonya, Gibran juga menitipkan adik bungsunya kepada keluarga barunya. ”Mohon adik saya juga dibimbing nantinya,” tuturnya.

CALON MEMPELAI PEREMPUAN: Siraman juga dihelat di kediaman Erina Gudono di Sleman. Tampak GKR Hemas didampingi ibunda Erina Gudono, Sofiatun Gudono. (SETPRES)

Di sisi lain, persiapan akad yang hanya dihadiri 150 tamu undangan di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Jogjakarta, terus dikebut tadi malam. Secara umum, persiapan yang dilakukan sudah sangat matang. General Manager Royal Ambarrukmo, Jogjakarta, Herman Courbois mengatakan, persiapan teknis dan pengamanan sudah dilakukan sesuai SOP yang berlaku. ”Hanya tinggal dekorasi, karena memakai bunga segar. Jadi dikebut malam ini,” jelasnya.

Courbois mengaku belum bisa memberikan bocoran terkait menu makanan yang disediakan saat akad nikah. ”Saya hanya bisa kasih info kalau makanannya bertema tradisional, lainnya ssst,” ucapnya sambil memberikan kode telunjuk di bibir.

Pria asal Belanda itu mengatakan, pihak hotel sudah melaporkan beberapa pejabat negara yang hadir untuk menginap. Beberapa di antaranya adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, serta Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Dua saksi akad Kaesang-Erina juga sudah berada di Jogjakarta sejak kemarin. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno sama-sama menghadiri prosesi siraman calon pengantin. Pratikno mendampingi istrinya di kediaman Erina. Sedangkan Basuki menghadiri prosesi siraman Kaesang pagi hari di Solo dan segera menuju Jogjakarta setelah acara. Resepsi pernikahan berlangsung Minggu (11/12) besok di Pura Mangkunegaran, Surakarta.


Credit: Source link

Related Articles