Nobar sambil Mengudap Jajanan Pasar, Bakso, dan Soto

Nobar sambil Mengudap Jajanan Pasar, Bakso, dan Soto

JawaPos.com – Ada beragam jajanan pasar yang disajikan dalam wadah kertas kecil. Selain itu, ada bakso, soto, mi ayam, dan sejumlah hidangan lain.

Semuanya dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang berjualan di sekitar tempat tinggal Erina Gudono di Padukuhan Purwosari, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Total ada 11 UMKM yang dilibatkan. Di antaranya penjual bakso, soto, mi ayam, dan dawet.

Beragam hidangan itu jadi teman warga sekitar yang hendak nonton bareng (nobar) rangkaian prosesi pra pernikahan Erina dengan Kaesang Pangarep di gedung serbaguna RW 058. ”Paling ramai hari ini (kemarin), soalnya lihat midodareni ada Pak Presiden (Joko Widodo, Red),” ucap Mardianto, salah seorang warga setempat, kepada Jawa Pos.

Sejak Kamis (8/12), nobar sudah diadakan bagi warga setempat untuk menyaksikan sesi pengajian. Kemarin, kursi-kursi yang disiapkan sampai tak mampu menampung antusiasme warga.

Warga sudah memadati gedung yang masuk wilayah Desa Sinduadi itu sejak sekitar pukul 17.00 kemarin. Arianto, pedagang bakso yang ikut dilibatkan dalam acara tersebut, mengatakan, mereka menonton dulu siaran ulang prosesi siraman yang sudah diadakan sehari sebelumnya. ”Terus lanjut menunggu siaran langsung acara midodareni sambil jajan-jajan,” tuturnya.

Jadilah beragam makanan tadi laris manis. Jajanan pasar tadi, misalnya, ludes selama menyaksikan midodareni yang berlangsung sejak pukul 19.00. ”Bakso saya malah sudah ludes duluan sebelum acara midodareninya mulai,” ucap Arianto.

Padahal, Arianto sudah membawa 200 porsi. Alias dua kali lipat daripada yang dibawa pada hari sebelumnya.

Arianto mengungkapkan, dirinya didatangi panitia pernikahan Kaesang-Erina beberapa pekan lalu. Mereka menyatakan bakal menyiapkan acara nobar dan membutuhkan beberapa UMKM untuk menyediakan suguhan gratis. ”Mereka juga langsung bayar di muka. Jadi, kami tinggal siapkan saja untuk hari H,” imbuhnya.

Konsep pesta rakyat juga bakal dihelat besok di Solo, tempat ngunduh mantu yang diadakan pihak mempelai pria. Erick Thohir, ketua panitia pernikahan Kaesang-Erina, mengatakan, ada sembilan panggung hiburan rakyat dan dua lokasi pesta kuliner. Di tiap titik pesta kuliner, bakal tersedia delapan menu dari makanan dan minuman yang dikembangkan oleh Kaesang.


Credit: Source link

Related Articles