Guru binaan Astra YPA-MDR torehkan prestasi kompetisi skala nasional

Jakarta (ANTARA) – Para pengajar binaan PT Astra International Tbk melelaui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) meraih prestasi dalam kompetisi berskala nasional Lomba Inovasi Karya Guru (LINKAR) 2022.

Para guru yang menunjukkan prestasinya dalam ajang kolaborasi Astra dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi itu antara lain Jouis Nieldy Otemusu dari SDN Sonraen (juara II), Prihantoro, S.Pd, Gr dari SMPN 1 Rote Barat (Juara III) dan Indra Prastowo, S.Pd, M.Pd dari SMKN 2 Donorojo (Juara II).

“YPA-MDR secara konsisten melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap guru-guru dibidang peningkatan kompetensi akademis. Sehingga guru-guru diberdayakan untuk melakukan inovasi dalam melakukan kegiatan pembelajaran di dalam kelas,” tutur Ketua Pengurus YPA-MDR Herawati Prasetyo dalam siaran resmi yang diterima ANTARA di Jakarta, Jumat.

“YPA-MDR memberikan hibah/bantuan penelitian terhadap guru-guru yang memiliki inovasi berupa media pembelajaran. Setelah media pembelajaran tersedia, guru binaan di bimbing leh narasumber untuk membuat karya tulis mengenai media pembelajaran tersebut,” tambah dia.

Ia berharap, melalui karya tulis tersebut para guru akan mengaplikasikannya di dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sehingga lebih kreatif, inovatif dan bermutu.

“Hal tersebut menjadi modal guru-guru binaan untuk turut berpartisipasi dalam ajang perlombaan inovasi guru baik yang diselenggarakan oleh Kementerian ataupun Astra.” tambah Herawati.

YPA-MDR secara konsisten berupaya melakukan peningkatan kualitas pendidikan melalui empat pilar pembinaan yaitu akademik, karakter, seni budaya dan kecakapan hidup untuk tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas.

Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) yang berdiri sejak tahun 2009 adalah yayasan yang secara khusus didirikan dan dimiliki oleh PT Astra International Tbk sebagai pelaksana tanggung jawab sosial berkelanjutan bidang pendidikan dengan membina sasaran sekolah-sekolah di daerah prasejahtera atau 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) di Indonesia.

Hingga saat ini, YPA-MDR telah membina 112 sekolah (jenjang SD, SMP dan SMK/SMA) yang tersebar di 13 Kabupaten, yaitu Kabupaten Lampung Selatan, Serang, Tangerang, Bogor, Majalengka, Kapuas, Kutai Barat, Barito Utara, Bantul, Gunungkidul, Pacitan, Kupang dan Rote Ndao.

Baca juga: YPA-MDR gelar pelatihan aman berkendara untuk siswa SMK

Baca juga: YPA-MDR inisiasi Komunitas Pembatik Cilik

Baca juga: YPA-MDR berikan penghargaan kepada kepsek dan guru inspiratif

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022

Credit: Source link