Hyundai dan KIA tarik ribuan kendaraan akibat permasalahan kelistrikan

Jakarta (ANTARA) – Pabrikan otomotif asal Korea Selatan, Hyundai dan KIA kembali mengeluarkan instruksi penarikan kembali (recall) terhadap Hyundai Santa Fe, Santa Cruz, dan Kia Carnival akibat masalah pada kabel derek trailer yang dapat terbakar.

Menurut data dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), seperti dilansir motor1, 23 Maret, penarikan kembali ini mencakup 571.467 kendaraan. Ditambah dengan penarikan sebelumnya untuk Hyundai Palisade dan Kia Telluride, totalnya naik menjadi 852.914 model potensial yang berisiko kebakaran.

Penarikan baru terbesar adalah Nomor Kampanye NHTSA 23V181000, yang mencakup 567.912 kendaraan Hyundai. Secara khusus, ini melibatkan model Santa Fe dari 2019 hingga 2023, termasuk model hybrid dari tahun 2021 dan hybrid plug-in dari tahun 2022.

Pickup kompak Santa Cruz dari tahun 2022 hingga 2023 juga merupakan bagian dari penarikan kembali. Pemberitahuan kedua (Nomor Kampanye NHTSA 223V179000) terkait secara khusus dengan Kia Carnival, dengan 3.555 model dari tahun 2022 dan 2023 berpotensi terpengaruh.

Baca juga: Nissan tarik kembali 520.000 mobil karena kesalahan pada mesin

Masalah penarikan ini melibatkan tow hitch wiring harness yang dibeli melalui Hyundai atau melalui pengecer resmi. Papan sirkuit dalam modul dapat rentan terhadap air, menyebabkan korsleting.

Dalam kasus ini, Harness memiliki daya yang konstan, sehingga meskipun kendaraan dimatikan, risiko korsleting tetap ada. Jika hal ini terjadi, dapat menyebabkan kebakaran.

Wire harness adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam kendaraan roda dua dan roda empat yang berfungsi untuk mengalirkan arus listrik dan sinyal pada kendaraan bermotor.

Baca juga: Hyundai dan KIA “recall” 122 ribu mobil bermasalah pompa oli

Terlepas dari banyaknya kendaraan yang ditarik kembali, Hyundai melaporkan enam insiden yang dapat dikaitkan dengan masalah ini dan hanya satu kebakaran, semuanya terjadi pada kendaraan Hyundai.

Kia Carnival termasuk dalam penarikan kembali karena menggunakan harness trailer yang “sangat mirip”, tetapi tidak ada insiden yang diketahui dengan minivan yang dilaporkan.

Untuk mengatasi ini semua, Hyundai akan memasang kabel baru yang mencegah masuknya air ke modul, bersama dengan sekering 15A. Pemberitahuan kepada pemilik untuk penarikan akan dimulai 16 Mei. Hyundai menyarankan pemilik kendaraan yang berpotensi terkena dampak untuk parkir di luar dan jauh dari bangunan sampai perbaikan diterapkan.

Baca juga: Mercedes-Benz “recall” lebih dari 10.000 mobil impor di China

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023

Credit: Source link