Impresi berkendara dengan MG4 EV lintasi jalur mudik Bandung

Jakarta (ANTARA) –

MG Indonesia telah memperkenalkan mobil listrik terbarunya yaitu MG4 EV pada perhelatan Indonesia Internasional Motor Show 2023 beberapa waktu lalu.

 

Kali ini, ANTARA berkesempatan mengendarai mobil crossover full elektrik ini dalam perjalanan menuju Bandung melewati jalur yang akan dilalui saat mudik lebaran nanti.

 

Kesan pertama saat mengendarai mobil ini adalah kabin yang senyap khas kendaraan listrik. Dilengkapi dengan interior serba digital yang terkesan rapi, menggunakan dua layar sentuh di dashboard tengah dan bagian kemudi.

 

Pada layar bagian kemudi terdapat beberapa informasi yang tersedia seperti indikator kecepatan digital, pengingat keamanan dan batas kecepatan serta adaptive cruise control yang mudah digunakan dan presisi. Contohnya ketika pengemudi melewati marka jalan, indikator peringatan dalam layar akan berbunyi dan setir akan otomatis mengembalikan mobil ke jalur yang benar.


Selain itu juga ada Intelligent Speed Limit Assist with Traffic Sign Recognition, Active Emergency Braking yang dapat diatur dengan mudah melalui tombol cruise control yang ada pada setir pengemudi.

 

Hal lain lagi yang menjadikan MG4 EV sebagai mobil yang mengutamakan keselamatan adalah peringatan pemakaian seat belt atau sabuk pengaman untuk semua penumpang termasuk pada penumpang di kabin belakang. Ini bisa menjadikan kebiasaan yang baik dalam berkendara bagi warga Indonesia yang belum terlalu familiar dengan penggunaan seat belt di bagian belakang.

 

Tak dipungkiri dari sekian fitur keselamatan yang canggih, MG4 EV telah mendapatkan Euro NCAP dengan hasil rating bintang lima.

 

Pada layar di dashboard tengah, pengguna bisa mengatur sendiri preferensi mengemudinya, mulai dari pengaturan konsumsi energi yang akan dipakai, mode berkendara dan hiburan seperti radio dan koneksi dari ponsel dengan menyediakan sambungan type C maupun USB. Di layar ini juga terdapat indikator konsumsi baterai dan jarak tempuh dari persentase baterai.

Untuk kursi penumpang, terasa cukup nyaman dengan space yang cukup lega, cocok untuk berkendara bersama keluarga. Bagasi yang juga cukup luas juga bisa digunakan untuk menaruh barang-barang yang cukup besar.

 

Beralih ke eksterior, MG4 EV mengedepankan unsur futuristik dimana menghadirkan desain yang modern dan premium namun tidak meninggalkan kesan canggih. Lampu depan juga dilengkapi dengan LED matrix technology dan pada lampu belakang terdapat decorative light yang memberi kesan unik.

 

Kapasitas baterai untuk MG4 EV sebesar 51 kwh untuk jarak tempuh yang bisa mencapai 525 km. Torsi pada mobil ini juga tidak bisa dianggap remeh, dengan 250 Nm dan tenaga maksimal 170 hp (horse power) MG4 EV dapat melaju dari kecepatan 0-100 km per jam hanya dalam waktu 7,7 detik.

 

Sayangnya pihak MG Motors belum bisa menyebutkan harga yang dipasarkan untuk mobil satu ini. Namun sebanyak 100 unit MG4 EV sudah siap dipromosikan pada bulan Juli mendatang setelah melihat animo masyarakat terhadap mobil listrik ini.

Tampak belakang mobil listrik MG4 EV (ANTARA/Fitra Ashari)

 

Interior dashboard mobil listrik MG4 EV dengan layar sentuh digital (ANTARA/Fitra Ashari)


Baca juga: Pengguna mobil MG gratis inspeksi di 60 titik untuk persiapan mudik

Baca juga: Kampanye MG jelajahi kekayaan nusantara lewat kopi

Baca juga: MG hadirkan MG ZS Dark Midnight di IIMS 2023

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023

Credit: Source link