Impresi berkendara KIA EV6 GT-Line yang serba instan

Jakarta (ANTARA) – Setelah diperkenalkan oleh PT Kreta Indo Artha (KIA) kepada publik pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 lalu, ANTARA mendapat kesempatan menjajal mobil listrik EV6 GT-Line di Gaikindo Jakarta Auto Week 2023.

KIA EV6 GT-Line merupakan kendaraan listrik pertama yang dihadirkan oleh produsen asal Korea Selatan itu di Indonesia.

Dari desain eksterior, mobil ini terlihat agresif dan sporty. Sedan ini memiliki desain lampu depan dual projection LED yang tajam, dengan adaptive driving beam, serta lampu kabut.

Baca juga: KIA serahkan unit pertama mobil listrik EV6 ke konsumen

Di bagian belakang, pada bagian atap terdapat spoiler yang menambah kesan sporty. Sementara lampu LED belakang menyatu dengan stop lamp serta dibuat melengkung di sepanjang body.

Bagian belakang kendaraan listrik KIA EV6 GT-Line yang dipamerkan di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week 2023, Rabu (15/3). (ANTARA/Adimas Raditya)




Beralih ke interior, ketika duduk di kursi pengemudi, impresi awal mobil listrik murni ini yang paling terasa adalah kekedapan kabin.

Posisi duduk yang ergonomis, didukung jok dengan model semi bucket seat, setir yang sudah tilt dan telescopic.

Bagian body yang terbuat dari material solid, menambah kekedapan dan kesenyapan kabin dari suara luar kendaraan.

Baca juga: Kia akan luncurkan model EV6 GT listrik

Bagian kemudi, dashboard, head unit panjang dan melengkung, hingga panel transmisi yang didesain moderen dan futuristik, didukung juga fitur electronic parking brake.

Pengemudi cukup memutar panel bulat untuk mengubah transmisi menjadi mode Drive agar mobil ini dapat melaju.

Bagian kabin kendaraan listrik KIA EV6 GT-Line yang dipamerkan di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week 2023, Rabu (15/3). (ANTARA/Adimas Raditya)




Tak butuh lama, akselerasi kendaraan ini terasa begitu responsif dan instan. Pabrikan mengklaim akselerasi 0-100 kpj hanya dalam 5,2 detik saja.

Roda dengan profil velg 20 inch ini terasa rigid mencengkeram aspal sehingga membuat kendaraan terasa stabil dan sangat nyaman.

Soal performa, EV6 GT-Line dibekali motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) yang diletakkan di semua roda. Motor listrik ini memiliki keluaran tenaga hingga 320 dk dengan torsi 605 Nm.

Motor listrik ini didukung oleh paket baterai 77,4 kWh yang dapat menempuh jarak hingga 506 km dalam sekali charge secara penuh.

Baca juga: Hyundai Ioniq 5 dan Kia EV6 sandang mobil terbaik tahun ini

Soal dimensi, mobil ini memiliki panjang 4.695 mm, lebar 1.890 mm, dan tinggi 1.550 mm. Sementara untuk sumbu rodanya mencapai 2.900 mm dan bobot hingga 2,1 ton.

KIA EV6 GT-Line telah dilengkapi paket fitur keselamatan seperti Advance Driver Assistance System (ADAS) yang termasuk Smart Cruise Control, Lane Folowing Assist, Lane Keeping Assist, Blind-Sport Collision-Avoidance Asisst, Blind-Sport View Monitor, Manual Speed Limit Assist, dan Forward Collision-Avoidance Assist.

Untuk menambah kenyamanan penumpang dalam perjalanan, Kia EV6 GT-Line juga dibekali Meridian Premium Audio System.

KIA EV6 GT-Line yang dibanderol Rp1,299 miliar ini memiliki sistem penggerak All Wheel Drive (AWD).

Kendaraan ini dibangun menggunakan New Electric Global Modular Platform (E-GMP) dari Hyundai Motor Group.

Baca juga: Kia gratiskan pengisian daya 1.000 kWh bagi pembeli EV6

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023

Credit: Source link