Inchcape dan GWM umumkan kemitraan global dan distribusi di Indonesia

Inchcape dan GWM umumkan kemitraan global dan distribusi di Indonesia
Jakarta (ANTARA) – Distributor otomotif global Inchcape Plc mengumumkan kemitraan strategis global dengan sebuah perusahaan mobil Tiongkok swasta terkemuka Great Wall Motor Company Limited untuk mengembangkan area baru dalam mendistribusikan kendaraan GWM di pasar yang telah dijajaki oleh Inchcape.

Inchcape dan GWM telah menandatangani Perjanjian Distribusi untuk pasar pertama yaitu Indonesia. Lewat perjanjian itu, Inchcape akan memberikan GWM kapabilitas distribusi yang unggul dan ini merupakan pasar pertama Inchcape untuk memasarkan sebuah merek yang utamanya menawarkan kendaraan energi baru.

Termasuk dalam bagian Perjanjian Distribusi di Indonesia adalah kendaraan merek GWM yang mencakup Haval, Ora dan Tank. Inchcape akan menjalankan distribusi itu melalui sebuah usaha patungan dengan PT Indomobil Sukses Internasional Tbk yang telah memiliki kerja sama kuat dengan Inchcape dalam hal distribusi kendaraan di Indonesia.

Baca juga: Inchcape dan Indomobil jadi pemegang merek Mercedes-Benz di Indonesia

Dalam usaha patungan itu, Inchcape memegang 70 persen saham dan Indomobil memegang 30 persen saham.

“Sebagai salah satu pasar otomotif terbesar di kawasan ini, Indonesia memegang peran penting dalam strategi GWM di ASEAN. Kami sangat antusias untuk menjalin kemitraan dengan Inchcape, bergandengan tangan untuk menjangkau pasar Indonesia,” kata Presiden Great Wall Motor ASEAN, Clyde Cheng, melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

GWM tengah melakukan transformasi untuk menjadi perusahaan global yang berfokus pada teknologi energi baru pintar (new energy intelligent technologies) dan kendaraan energi baru di lebih dari 170 negara dan wilayah di seluruh dunia.

“Dengan kemampuan ekspansi pasar dan praktik penjualan Inchcape yang sangat baik, kami yakin akan prospek pasar Indonesia,” kata Cheng.

Baca juga: Strategi Energi Baru GWM Dorong Kenaikan Penjualan

Sementara itu, CEO Inchcape Asia-Pasifik, Ruslan Kinebas mengatakan mereka sangat antusias dengan kemitraan strategis global Inchcape dengan GWM dan perluasan jejak di Indonesia dalam usaha patungan dengan Indomobil untuk mendistribusikan kendaraan energi baru GWM.

“Ini adalah contoh utama Inchcape menjadi distributor otomotif pilihan bagi mitra perusahaan mobilitas kami. Saya berharap dapat menggabungkan keahlian lokal kami dengan kemampuan digital dan data terkemuka untuk mempercepat kinerja GWM dan menegaskan kembali komitmen kami untuk memberdayakan mobilitas yang lebih baik di Indonesia,” kata Ruslan.

Direktur Utama Indomobil Jusak Kertowidjojo, menambahkan mereka sangat bersemangat atas kemitraan dengan mitra strategis Inchcape untuk menghadirkan kendaraan energi baru GWM di Indonesia.

“GWM memiliki portofolio kendaraan listrik baik yang akan mendukung inisiatif pemerintah Indonesia untuk mendorong populasi kendaraan listrik di Indonesia. Keahlian kami di industri otomotif lokal akan memberikan dampak positif pada distribusi dan pengenalan kendaraan energi baru GWM di Indonesia,” kata Jusak.

Inchcape dan GWM sudah memiliki kemitraan dengan fokus menargetkan cara-cara untuk semakin meningkatkan distribusi dan pengalaman pelanggan, serta mengembangkan area kolaborasi baru, termasuk pada area mobil bekas dan pembiayaan mobil.

Kepemimpinan global GWM pada kendaraan listrik berbasis baterai dan hybrid berpotensi untuk secara signifikan memperluas produk kendaraan listrik (EV) Inchcape. Sementara GWM akan diuntungkan dari rekam jejak Inchcape yang kuat pada pembukaan pasar yang sukses untuk OEM, serta kemampuannya yang terdepan di industri pelayanan data, digital, dan teknologi.

Baca juga: Alasan Indomobil gandeng Citroen kembali ke Indonesia

Baca juga: Implementasi program insentif mobil listrik dinilai perlu penyesuaian

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023

Credit: Source link

Related Articles