Indonesian Music Awards 2021 Digelar, Ini Daftar Lengkap Nominasinya

JawaPos.com – Pemberian penghargaan Indonesian Music Awards (IMA) untuk pertama kalinya digelar tahun ini. Acara tersebut secara khusus berfokus mengapresiasi sejumlah musisi dan karya-karya yang sukses dinikmati dan diterima oleh masyarakat luas. Hal itu yang membedakannya dibandingkan dengan ajang pemberian penghargaan lain seperti AMI Awards atau lainnya.

Malam puncak IMA 2021 akan digelar pada 6 Desember 2021 mendatang di bilangan Kebon Jeruk Jakarta Barat. Acara pemberian penghargaan ini diselenggarakan hasil kerja sama RCTI dengan Langit Musik.

Ada 12 kategori dalam Indonesian Music Awards 2021. Masing-masing kategori memiliki 5 nominasi. Penentuan para nominasi di ajang ini diseleksi berdasarkan lagu dan penyanyi yang populer data stream Langit Musik dalam rentang waktu 2020 – 2021.

Dari data terbaik, dipilihlah 10 nama berdasarkan kategori yang telah ditentukan. Setelah itu, kemudian dikerucutkan menjadi 5 nominasi dengan mempertimbangkan aspek pembobotan menggunakan metode Qualitative Reasoning and Adjustment guna memastikan relevan dengan tren dan sirkulasi lagu pada periode Oktober 2020 – Oktober 2021.

Selain itu, proses penentuan nominasi juga menggunakan metode Validasi dan Verifikasi bersama perwakilan AMDI (Asosiasi Music Director Indonesia) dan melibatkan pengamat musik.

“Nominasi pada Indonesian Music Awards 2021 ini cukup relevan dengan tren musik dalam kurun waktu tahun 2020 dan 2021. Itu terlihat dari deretan nominator yang lagu-lagunya beriringan diputar juga di radio seluruh Indonesia dengan segmennya masing-masing,” kata Prita Prawirohardjo, Head of AMDI dalam sesi jumpa pers.

Pementuan pemenang dari setiap kategori ditentukan melalui voting periode 12 November – 29 November 2021. Data hasil voting yang keluar lantas diaudit oleh auditor independen supaya nama yang keluar sebagai pemenang dapat dipertanggungjawabkan keabsahan dan kredibilitasnya.

Berikut daftar lengkap Indonesian Music Awards 2021:

SONG OF THE YEAR
1. Lantas – Juicy Luicy (A1)
2. Los Dol – Denny Caknan (A2)
3. Melukis Senja – Budi Doremi (A3)
4. Mungkin Hari Ini Esok Atau Nanti – Anneth Delliecia (A4)
5. Tanpa Batas Waktu – Ade Govinda Feat. Fadly (A5)

COLLABORATION OF THE YEAR
1. Aku Yang Salah – Mahalini X Nuca (B1)
2. Bismillah Cinta – Ungu & Lesti (B2)
3. Cintanya Aku – Tiara Andini, Arsy Widianto (B3)
4. Tanpa Batas Waktu – Ade Govinda Feat. Fadly (B4)
5. Tunjukkan – Afgan & Raisa (B5)

NEW ARTIST OF THE YEAR
1. Gangga – Forever (C1)
2. Kaleb J – It’s Only Me (Studio Version) (C2)
3. Khifnu – Katakan Saja (C3)
4. Mahalini – Melawan Restu (C4)
5. Stevan Pasaribu – Belum Siap Kehilangan (C5)

SOCIAL MEDIA ARTIST OF THE YEAR
1. Anneth Delliecia (D1)
2. Betrand Peto Putra Onsu (D2)
3. Lesti Kejora (D3)
4. Lyodra (D4)
5. Tiara Andini (D5)

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Abdul Rahman


Credit: Source link