Ingin Pemilu Jadi Ajang Pertarungan Gagasan

by

in

JawaPos.com – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, partai anggota yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sengaja mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilu 2024 secara bersamaan di hari Rabu, (10/7). Airlangga menuturkan, KIB ingin memulai Pemilu dengan hal-hal baik.

“Kami bertiga sengaja mendaftar bersama, tanggalnya, tanggal 10; harinya, hari Rabu, karena setiap Pemilu jatuhnya hari Rabu. Kedua, hari ini kalau wetonnya silakan cari sendiri. Pemilu nanti kan jatuhnya di tanggal 14, hari Rabu, jadi kita mulai dengan hal-hal yang baik dan sama,” ujar Airlangga saat melakukan konferensi pers di sela-sela pendaftaran peserta Pemilu di KPU RI, Jakarta, Rabu (10/8).

Menurut Airlangga, KIB akan mendorong Pemilu mendatang supaya menjadi Pemilu yang di dalamnya berisi adu ide dan gagasan, baik di dalam Pileg maupun Pilpres. Ia mengutip ucapan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Suharso Monoarfa, yang menyebut Pemilu adu ide dan gagasan adalah politik yang cerdas.

Hal itu dilakukan atas dasar cita-cita Indonesia pada 2035 menjadi negara maju. Menurut Airlangga, untuk mencapai tujuan tersebut, syaratnya adalah kebersamaan, karena Indonesia adalah negara yang besar, lanjut Airlangga, sehingga tidak bisa bekerja sendiri, harus bersama-sama dan secara inklusif.

“Indonesia ini besar, oleh karena itu kita tidak bisa bekerja sendiri, kita harus bisa bekerja bersama, dan kita harus secara inklusif menata negara ini, dan tentu periode 2024 adalah krusial, makanya kita butuh lebih banyak pemikiran agar kita menjadi selamat, menjadi negara yang maju nanti,” papar Airlangga.

Ketika ditanya soal siapa capres yang akan diajukan, Airlangga menjawab, soal pengusungan capres akan dibahas di chapter terakhir. Senada dengan Airlangga, Suharso Monoarfa, mengatakan, untuk deklarasi masih menunggu waktu dan harus sabar.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Muhammad Ridwan


Credit: Source link