Investasi Bergeliat, Wamenaker Dorong Serapan Tenaga Kerja Lokal

JawaPos.com – Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor bersyukur investasi di sejumlah daerah kembali menunjukkan tren positif. Dia berharap kembali bergairahnya iklim investasi itu, diikuti dengan penyerapan tenaga kerja serta pelatihan untuk para pencari kerja.

Pesan tersebut disampaikan Afriansyah saat menghadiri kerjasama antara Pemkab Morowali Utara dan PT Gunbuster Nickel Indonesia (GNI) di Jakarta pada Jumat (29/7). Dia berharap di tengah pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 saat ini, ada investasi di daerah bisa dimaksimalkan untuk penyerapan tenaga kerja.

“Kami memengapresi inisiatif untuk mendorong pelatihan dan penyerapan tenaga kerja lokal,” kata Afriansyah dalam keterangannya, Sabtu (30/7).

Dengan adanya kerjabsama industri dengan pemda itu, diharapkan bisa dilakukan pelatihan sesuai dengan tuntutan skill dari dunia industri. Sehingga bisa memudahkan penyerapan tenaga kerja dari masyarakat lokal setempat.

Dalam kesempatan itu Bupati Morowali Utara Delis Jurkason Hehi berupaya terus mendorong peningkatan investasi di daerahnya. Delis mengungkapkan target investasi mereka tahun ini adalah Rp 4,8 triliun. Tetapi saat ini realisasinya sudah mencapai Rp 11 triliun atau 248 persen dari target. “Karena banyak industri pertambangan yang masuk ke Morowali Utara,” katanya.

Delis juga mengatakan kerja sama itu diharapkan menjadi solusi penyerapan tenaga kerja lokal. Terutama tenaga kerja skill atau terampil. Sehingga ujungnya bisa menurunkan angka pengangguran secara signifikan. Dalam waktu dekat mulai digelar pelatihan atau peningkatan skill sesuai kebutuhan industri.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Hilmi Setiawan


Credit: Source link