Istri Sekda Riau Diisukan Pamer Harta, Mendagri Diminta Tindaklanjuti

by

in

JawaPos.com – Istri dan anak Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau SF Hariyanto menjadi sorotan publik, setelah dikabarkan pamer harta kekayaan. Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PAN Guspardi Gaus meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian untuk turun tangan.

“Sungguh amat disayangkan tindakan dari istri Sekda Riau itu. Sikap hedon yang diperlihatkan di media sosial oleh keluarga pejabat dinilai sebagai tindakan yang tidak wajar dan melukai hati masyarakat,” kata Guspardi kepada wartawan, Kamis (23/3).

Legislator daerah pemilihan (dapil) Sumatera Barat ini meminta Mendagri sebagai pembina aparatur sipil negara (ASN), untuk mengambil tindakan. Tentunya tidak hanya sekedar menegur, tetapi harus diproses.

“Selanjutnya menyelidiki dan menelusuri sumber kekayaan dari yang bersangkutan. Hal itu bisa dilakukan dengan bekerja sama KPK dan aparat penegak hukum (APH) lainnya,” ujar Politisi PAN itu.

Guspardi mengingatkan, seluruh pejabat dan ASN untuk tidak pamer harta kekayaan. Tindakan hidup sederhana dan tidak bermewah-mewahan harus diterapkan oleh ASN. Hal tersebut sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo agar tidak memamerkan harta ke publik.

“Saya merasa prihatin. Kondisi tentang adanya pamer kekayaan para pejabat. Harusnya hal itu sesuatu yang mestinya dihindari oleh mereka. Sikap-sikap hedonis apalagi flexing yang dipamerkan di media sosial adalah sesuatu yang harus dihidari. Mestinya mereka punya rasa empati kepada masyarakat miskin. Lagipula gaya hidup hedon tentu akan mencederai dan melukai perasaan masyarakat,” ucap Guspardi.

“Saya kira pejabat harus menjadi pemimpin yang jadi panutan masyarakat. Pemimpin dengan gaya hidup sederhana namun kaya dengan gagasan dan menginspirasi serta tidak bersandar pada kehidupan yang menonjolkan unsur materialistis,” pungkas anggota Baleg DPR RI tersebut.

Sebelumnya, istri Sekda Provinsi Riau SF Hariyanto, Adrias menjadi sorotan publik karena memamerkan harta dan gaya hidup mewah di media sosial. Hariyanto juga telah memberikan klarifikasi terkait beredarnya foto-foto istrinya yang hidup mewah. Ia menampik soal kabar tersebut.

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan


Credit: Source link