Jadi Makanan Pokok, Pastikan Nasi yang Dikonsumsi Keluarga Harus Sehat

JawaPos.com – Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Hampir setiap hari orang Indonesia mengkonsumsi nasi. Bahkan beberapa orang menganggap, kalau tidak mengkonsumsi nasi, berarti mereka belum makan. Belum sah.

Makanan selain nasi dianggap sebagai sampingan atau camilan. Mengutip data United States Department of Agriculture (USDA), Tiongkok menjadi negara dengan konsumsi beras terbesar pada 2021 dengan rata-rata menghabiskan beras hingga 154,89 juta ton sepanjang tahun lalu.

India berada di posisi kedua dengan konsumsi beras sebanyak 103,50 juta ton pada 2021. Setelahnya ada Vietnam dengan konsumsi beras sebanyak 73,34 juta ton. Bangladesh juga termasuk negara konsumen beras terbanyak di dunia lantaran menghabiskan 36,70 juta ton dan posisi kelima ditempati Indonesia dengan konsumsi beras sebanyak 35,60 juta ton.

Sebagai salah satu negara yang makanan pokoknya adalah nasi, di zaman sekarang penting untuk mengetahui kalau nasi yang kita makan, keluarga kita makan tidak hanya enak. Tapi juga harus sehat. Ini sangat penting.

Terlebih di musim virus seperti sekarang ini, makanan yang kita makan sangat berpengaruh terhadap metabolisme dan daya tahan tubuh kita. Semakin sehat, semakin baik bagi tubuh kita. Untuk memasak nasi yang sehat sebagai penganan pokok keluarga sendiri gampang-gampang susah.

Ketika kita memasak nasi dengan cara yang kurang tepat, nasi akan cenderung keras atau terlalu lembek, tidak putih dan mudah basi. Ini jelas tidak sehat.

Beras Organik Bisa Dipilih
Pertama, untuk mendapatkan nasi yang pulen, enak lagi sehat, hal pertama yang penting diperhatikan adalah pemilihan beras. Saat membeli beras, pilih beras yang berkualitas bagus, bersih dan tampak putih. Beras organik bisa jadi pilihan.

Pilihlah beras dengan aroma yang segar alias tidak apek. Jangan sampai memilih beras yang rusak apalagi kutuan. Bahaya! Beras dengan kualitas bagus akan membuat Anda, para ibu dan keluarga mendapatkan nasi yang berkualitas bagus pula.

Metode Memasak
Kemudian, cara memasak ini juga penting. Misalnya saat pencucian, usahakan untuk mencuci beras hingga bersih. Cuci beras di bawah air mengalir. Atau Anda bisa mencuci beras di sebuah wadah kemudian membuang air cucian beras di dalam wadah hingga beberapa kali sampai air cucian beras cukup bening.

Beras yang dicuci hingga bersih akan lebih putih, pulen dan tidak mudah basi setelah dimasak. Lagi-lagi, ini berkaitan dengan kesehatan Anda dan keluarga. Apa yang dimakan, apa yang kita rasakan.

Metode memasak yang tepat tidak hanya membuat nasi yang kita makan, yang keluarga makan jadi sehat. Tapi juga bisa jadi lebih nikmat. Misalnya senikmat nasi jepang.

Nasi Jepang sendiri terkenal dengan tekstur yang pulen dan lebih nikmat, Hal ini menjadikan banyak orang menyukai rasa dari nasi Jepang. Buat yang suka tekstur nasi demikian, jangan khawatir. Kini sudah hadir Rice Cooker yang bisa memasak nasi sepulen nasi Jepang, yaitu Rice Cooker DONABE.

Dengan dilengkapi teknologi Donaheat 3D, mejikom ini dipastikan pemanasannya akan lebih merata dari tiga arah sehingga menjadikan nasi matang dengan sempurna dan lebih pulen. Nasi jadi lebih nikmat dengan Rice Cooker DONABE.

Sesuaikan Porsi
Selanjutnya, dalam proses memasak, Anda para ibu wajib mempertimbangkan jumlah atau porsi nasi yang ingin disantap. Hal ini berpengaruh pada perbandingan air dan beras dalam prosesnya.

Hindari memasak nasi dengan takaran air terlalu berlebih karena bisa bikin nasi lembek. Juga, hindari memasak nasi dengan air terlalu sedikit atau perbandingan beras dan air yang tidak seimbang karena nasi bisa jadi lebih keras.

Intinya sesuaikan porsi dan kebutuhan. Sedikit masak sedikit, banyak masak banyak. Nah, buat yang biasa memasak banyak karena anggota keluarganya lebih banyak, jangan juga jadi khawatir.

Rice Cooker Polytron DONABE memiliki kapasitas memasak sebesar dua liter. Masak nasi nikmat untuk keluarga lebih mudah dengan Rice Cooker dengan harga mejikom yang bersahabat cocok untuk melengkapi dapur Anda, juga bisa memasak lebih banyak untuk dimakan seluruh anggota keluarga.

Pilih Rice Cooker yang Tepat
Selain pada beras yang digunakan, memasak nasi yang tidak hanya enak, tapi juga sehat juga sangat bergantung pada alat memasak yang kita gunakan. Apalagi rice cooker, pemilihan material yang tepat sangat mempengaruhi kesehatan.

Pada bagian dalam rice cooker misalnya, supaya lebih sehat, bisa pilih yang memiliki wadah dengan ceramic coating. Kenapa? Hal ini memastikan nasi yang dimasak tidak lengket, tidak ada partikel material wadah yang tidak baik bagi tubuh yang berpotensi termakan oleh kita.

Polytron juga punya jawabannya. Menggunakan material terbaik dihadirkan pada Rice Cooker DONABE, para ibu bisa memasak lebih sehat, lebih hygienist. Bagian dalam inner pot rice cooker Donabe terbuat dari Ceramic Coating sehingga dijamin tidak akan lengket.

Selain itu, dengan ceramic coating juga material jadi lebih kuat dan tahan lama dibanding magic com lainnya. Seperti sudah disinggung di atas, nasi yang berkerak dan menempel pada dinding Inner Pot bisa saja berbahaya jika kita makan. Makanya pemilihan alat yang bagus juga penting.

Rice Cooker Polytron DONABE juga memiliki tiga fungsi dalam satu alat, yaitu memasak, memanaskan, dan mengukus. Kini dengan satu alat, masak jadi lebih mudah. Dengan Mejikom Donabe semua bisa dilakukan, urusan dapur jadi lebih praktis.

Selalu Bersihkan Setelah Dipakai
Terakhir, agar nasi yang kita makan tidak hanya nikmat, tapi juga sehat, pastikan untuk selalu mencuci bersih bagian dalam rice cooker setelah digunakan. Cuci dengan bahan atau sponge pencuci yang halus saja, jangan pakai yang kasar. Ini bisa merusak bagian Inner Pot.

Rice Cooker Polytron DONABE juga dilengkapi dengan penutup aluminium dan inner pot yang bisa di lepas pasang agar memudahkan Anda membersihkan magic com. Kemudahan dalam membersihkan mencegah timbulnya kerak dan bakteri pada magic com yang dapat mengganggu kualitas nasi yang dimasak.

Rice cooker murah dengan banyak keunggulan ini bisa melindungi kesehatan keluarga Anda. Makan nikmat, bisa tetap sehat. Dan lebih penting lagi, rice cooker ini juga terjangkau dan bergaransi resmi dari Polytron. Segera dapatkan rice cooker Donabe di website resmi Polytron atau di e-commerce kesayangan Anda. Selamat memasak.


Credit: Source link