Jokowi Tegaskan Tak Ada Impor Beras Sampai Juni 2021

Jokowi Tegaskan Tak Ada Impor Beras Sampai Juni 2021

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa tidak akan ada impor beras hingga Juni mendatang. Bahkan Jokowi juga mengingatkan bahwa selama hampir tiga tahun belakangan ini, Indonesia tidak mengimpor komoditas pangan strategis itu.

“Saya pastikan bahwa sampai bulan Juni 2021 tidak ada beras impor yang masuk ke negara kita, Indonesia. Kita tahu, sudah hampir tiga tahun ini kita tidak mengimpor beras,” ujar Jokowi dalam keterangan persnya di YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (26/3).

Perlu diketahui bahwa saat ini memang terdapat nota kesepahaman antara Indonesia dengan Thailand dan Vietnam. Namun, hal itu adalah opsi untuk berjaga di tengah situasi pandemi yang penuh ketidakpastian saat ini.

“Saya tegaskan sekali lagi, berasnya belum masuk,” imbuhnya.

Dalam pernyataannya tersebut, Presiden menegaskan bahwa beras petani akan diserap oleh Perum Bulog pada panen raya mendatang. Kepala negara telah memerintahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk menyiapkan anggaran yang diperlukan untuk penyerapan beras petani lokal tersebut.

Jokowi memahami bahwa memasuki masa panen ini, harga beras di tingkat petani masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Sehingga pemerintah akan berupaya untuk menyerap atau membeli langsung beras hasil panen dari para petani.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Gunawan Wibisono


Credit: Source link

Related Articles