Jumlah Korban Tewas Bencana Topan Hagibis Jepang Meningkat

by

in
Jumlah Korban Tewas Bencana Topan Hagibis Jepang Meningkat

Polisi dan petugas pemadam kebakaran berpartisipasi dalam operasi penyelamatan dan pertolongan di Prefektur Nagano, Jepang, 13 Oktober 2019. Tepian Sungai Chikuma di Prefektur Nagano runtuh dan menyebabkan banjir besar di daerah pemukiman. Prefektur Nagano adalah salah satu daerah yang dilanda topan Hagibis di Jepang. (Xinhua / Hua Yi)

Jakarta, Jurnas.com – Jumlah korban tewas mencapai 35 orang dan 17 orang lainnya hilang pada Minggu ketika Topan Hagibis mengoyak Jepang termasuk daerah metropolitan Tokyo, menyebabkan banyak sungai meluap dan padam di 376.000 rumah.

Sementara itu, menurut informasi yang diberikan oleh penyelamat dan pihak berwenang, lebih dari 100 orang terluka di seluruh negara itu setelah Topan Hagibis, yang berarti “cepat” dalam bahasa Filipina Tagalog, membuat pendaratan di pulau utama Jepang Honshu sebelum pukul 19:00 waktu setempat pada hari Sabtu.

“Akibat bencana tersebut 376.000 rumah tidak memiliki listrik, 14.000 tidak memiliki air mengalir,” kata Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga dilansir Xinhua.

Menurut Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata, setidaknya 48 tanah longsor dan aliran lumpur telah dilaporkan di 12 prefektur, dan tanggul 21 sungai runtuh. Sebagai tindakan darurat, beberapa bendungan melepaskan air agar tidak pecah.

Pemerintah telah mengirim sekitar 27.000 personel Pasukan Bela Diri untuk operasi penyelamatan dan bantuan di seluruh negeri.

Prefektur Nagano adalah salah satu daerah yang paling terpukul ketika tepian Sungai Chikuma runtuh, menyebabkan banjir besar di daerah perumahan, dengan pejabat kota Nagano dan kota-kota tetangga meminta penduduk untuk berhati-hati demi keselamatan mereka.

Kementerian pertanahan memperkirakan bahwa beberapa daerah itu mungkin melihat banjir hingga 5 meter, di mana warga yang terdampar terlihat melambai dari balkon lantai dua.

Kereta peluru juga terlihat dilanda banjir di railyard East Japan Railway Co. dekat Stasiun Nagano.

Menurut perusahaan, 10 kereta api, dengan total 120 gerbong, telah dipastikan rusak, yang berarti sepertiga dari kereta peluru yang digunakan untuk jalur Hokuriku Shinkansen telah rusak karena banjir.

Badan Meteorologi Jepang telah mengeluarkan peringatan hujan lebat pada skala satu-ke-lima untuk Tokyo dan 12 prefektur lainnya dan secara bertahap mengangkat semua peringatan pada Sabtu malam.

Sejauh ini topan telah melemah ke siklon ekstratropis di lepas pantai timur laut Jepang.

Sebagian besar layanan kereta api beroperasi kembali setelah suspensi besar-besaran, sementara pejabat Japan Airlines Co dan All Nippon Airways Co. mengatakan sebagian besar penerbangan mereka akan kembali normal pada Senin.

Toko-toko dan supermarket yang tutup pada hari Sabtu di Tokyo juga secara bertahap mulai beroperasi pada hari Minggu sore.

TAGS : Topan Hagibis Bencana Jepang

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/60854/Jumlah-Korban-Tewas-Bencana-Topan-Hagibis-Jepang-Meningkat/