Kapolri Jenderal Listyo Sigit Mutasi 7 Kapolda, Berikut Daftarnya

by

in

JawaPos.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi sejumlah perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen). Setidaknya ada tujuh Kapolda yang dimutasi.

Saat dikonfirmasi, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo membenarkan adanya mutasi tujuh Kapolda tersebut. Dedi mengatakan mutasi ini adalah hal yang wajar di dalam tubuh Polri.

“Ya benar proses mutasi secara alamiah yang pensiun dan tour of duty and area serta penyegaran,” ujar Dedi Prasetyo kepada wartawan, Sabtu (18/12).

Adapun, mutasi tujuh Kapolda itu tergister di surat telegram Kapolri bernomor ST/2568/XII/KEP./2021 yang ditandatangani oleh Asisten SDM Polri Irjen Sutrisno Wahyu Widada tertanggal 17 Desember 2021.

Berikut ini adalah mutasi yang dilakukan Kapolri terhadap tujuh Kapolda. Pertama, Kapolda Maluku yang dijabat oleh Irjen Refdi Andri kini akan dijabat oleh Irjen Lotharia Latif yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda NTT. Mantan Kakorlantas Polri itu dimutasi ke Pati Sahli Kapolri dalam rangka pensiun.

Kedua, jabatan Kapolda Kalimantan Barat (Kalbar) akan dijabat oleh Irjen Suryanbodo Asmoro menggantikan Irjen Remigius Sigid Tri Hardjanto. Mereka bertukar posisi, Remigius kini menjabat sebagai Kadivkum Polri menggantikan Suryanbodo.

Ketiga, Kapolda Bengkulu jabatan yang awalnya diisi oleh Irjen Guntur Setyanto, kini akan diisi oleh Irjen Agung Wicaksono yang sebelumnya menjabat sebagai Wairwasum Polri. Guntur dimutasi karena dalam rangka pensiun.

Keempat, jabatan Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) yang ditinggal Irjen Lotharia, akan diisi oleh Brigjen Setyo Budiyanto yang sebelumnya merupakan Pati Bareskrim Polri penugasan pada KPK.

Kelima, Kapolda Riau yang ditinggal Irjen Agung Setya akan diisi oleh Irjen Mohammad Iqbal. Agung akan mengisi jabatan Asops Kapolri.

Keenam, jabatan Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim) akan diisi oleh Irjen Imam Sugianto setelah meninggalkan jabatan Asops Kapolri. Sementara itu, Irjen Herry Rudolf Nahak yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Kaltim dirotasi sebagai Kasespim Lemdiklat Polri.

Ketujuh, jabatan Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) akan dijabat oleh Brigjen Djoko Poerwanto yang sebelumnya dijabat oleh Irjen Mohammad Iqbal.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Gunawan Wibisono


Credit: Source link