Kesal Instansi Banyak Beli Produk Impor, Jokowi: Bodoh Sekali!

Kesal Instansi Banyak Beli Produk Impor, Jokowi: Bodoh Sekali!

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan kekesalannya, lantaran banyak kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang membeli produk imbor barang-barang yang sebenarnya bisa diproduksi oleh pelaku usaha dalam negeri. Dia menyebut, sangat bodoh masih melakukan impor.

Menurut Jokowi, APBN maupun APBD hingga anggaran BUMN sebetulnya bisa memicu pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Hal ini dilakukan dengan cara membeli produk-produk dalam negeri.

“Kita diam saja, tapi konsisten beli barang yang diproduksi pabrik-pabrik, industri-industri, UKM-UKM kita, kok enggak kita lakukan. Bodoh sekali kita kalau tidak melakukan ini,” kata Jokowi saat memberikan pengarahan dalam acara Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia yang digelar di Bali, Jumat (25/3).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebut, membeli produk asing melalui cara impor hanya menguntungkan negara-negara lain.

“Duit kita, capital outflow keluar, pekerjaan ada di sana, bukan di sini. Coba kita belokkan semua ke sini, barang yang kita beli barang dalam negeri,” cetus Jokowi.

Menurut Jokowi, dengan mulai membeli dan menggunakan produk dalam negeri, maka akan menimbulkan dampak positif. Langkah ini akan mendatangkan investasi, hingga membuka lapangan pekerjaan baru.

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan


Credit: Source link

Related Articles