Komisi VI DPR Kenalkan Rumah BUMN ke Kalangan UMKM Depok

by

in

JawaPos.com – Para pengusaha UMKM di Cilangkap, Kecamatan Tapos, Kota Depok, antusias mengikuti sosialisasi yang diselenggarakan Anggota Komisi VI DPR RI Intan Fauzi di Desember 2022 ini. Sosialisasi digelar dengan melibatkan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), diikuti 100 pelaku UMKM.

“Pelaku usaha sangat mendukung kegiatan ini yang mengangkat tema ‘Peran Kemitraan UMKM dan BUMN untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi’ karena bersentuhan langsung dengan usaha-usaha yang dirintis warga,” ujar Intan dalam keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com.

Anggota DPR RI Fraksi PAN itu pun, berdialog langsung untuk mengetahui kendala yang dihadapi para pelaku usaha. Intan juga mengaku bersyukur, sebagian pelaku usaha di daerah pemilihannya Jawa Barat VI, sudah mulai memahami bagaimana memulai dan menumbuhkembangkan sebuah usaha.

“Termasuk dengan mengadopsi teknologi yang belakangan dikenal dengan Pemasaran Digital, bagaimana memasarkan produk melalui penjualan online,” imbuh Intan Fauzi.

Dari sebelumnya berjualan secara konvensional, pelaku usaha mulai dilibatkan dalam suatu ekosistem digital marketplace. BUMN juga memiliki pasar digital (PaDi) UMKM.

Disebutkan Intan, Kementerian BUMN melalui ‘Rumah BUMN’ memfasilitasi pelaku usaha untuk mengembangkan produk dan pemasaran, dengan melibatkan instruktur untuk mengajarkan bagaimana proses produksi yang baik sampai dengan kemasan yang menjual.

“Kemasan produk sangat penting, untuk meningkatkan nilai jual produk, juga produk kuliner dapat menjadi lebih tahan lama masa daluwarsanya”, jelas Intan.

Selain soal kemasan, pelaku UMKM juga dibantu dalam hal perijinan, NIK, halal, dsb. Dengan begitu produk dapat dipasarkan lebih luas dan mendapat kepercayaan konsumen, ujungnya akan meningkatkan penjualan.

“Diharapkan perekonomian keluarga meningkat, roda perekonomian lingkungan bergerak, pertumbuhan ekonomi Nasional tumbuh,” pungkas Intan Fauzi


Credit: Source link