Kran Ekspor APD Kembali Dibuka, Begini Respon Netty Aher

by

in
Kran Ekspor APD Kembali Dibuka, Begini Respon Netty Aher

Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PKS, Netty Prasetiyani

Jakarta, Jurnas.com – Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PKS, Netty Prasetiyani Aher memprotes wacana Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang akan melakukan ekspor APD dan barang kesehatan lainnya ke berbagai negara.

Pasalnya, kata Netty, Salah satu penyebab tingginya korban positif Corona (Covid-19) yakni lantaran minimnya APD yang memenuhi standart. Bahkan, Tak sedikit korban virus asal China itu adalah tenaga kerja medis.

Untuk diketahui, Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah menerbitkan Peraturan Menteri Perdangan (Permendag) No.57 Tahun 2020 tentang Ketentuan Ekspor Bahan baku Masker, Masker, dan Alat Pelindung Diri (APD). 

Aturan ini mencabut peraturan sebelumnya yakni Permendag No. 23 Tahun 2020 jo Permendag No. 34 Tahun 2020 terkait larangan ekspor barang yang sama.

“Nakes kita masih menjadi korban Covid-19. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan APD yang kurang memenuhi standar. Kenapa pemerintah malah mewacanakan ekspor?“ kata Netty melalui keterangannya, Selasa (23/06/2020).

Baca juga.. :

Netty mengungkapkan, kabar terbaru tentang terkonfirmasi positifnya 22 dokter residen yang sedang mengikuti Program Pendidikan Dokter Spesialis Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Surabaya, seharusnya menjadi fokus perhatian pemerintah untuk mengontrol dan memperbaiki standar APD, baik yang berasal dari produk dalam negeri atau pun yang import. 

“Nakes terinfeksi dan APD yang kurang standar, seharusnya ini yang jadi fokus pemerintah, bukan malah bicara ekspor. Ini jadi seperti Jaka Sembung naik ojek, ngga nyambung, Jek. Komunikasi semisal ini hanya menimbulkan kegaduhan di ruang publik,” katanya. 

Diketahui, Hingga tanggal 22 Juni 2020, jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia sudah mencapai 46.845 jiwa dengan penambahan sebanyak 954 kasus.

Jumlah penambahan kasus terbanyak tercatat dari 5 provinsi seperti, Jawa timur, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, dan Sumatera Selatan. 

Ketua Tim Covid-19 Fraksi PKS ini menambahkan,m Kurva pandemi Covid-19 masih meningkat dan banyak daerah masih berada dalam zona bahaya.

“Bahkan relaksasi PSBB pun masih dalam masa transisi. Artinya, kebutuhan dalam negeri akan APD diprediksi masih besar,” ujar dia.

Untuk itu, kata Netty, seharusnya pemerintah menyerap terlebih dahulu APD produksi dalam negeri agar kebutuhan dalam negeri tercukupi.

“Khususnya di wilayah epicenter baru, lalu cabut relaksasi impor kebutuhan APD dan barang kesehatan yang bisa dipenuhi dalam negeri,” jelas dia.

Sebagaimana diketahui, saat ini terjadi surplus APD di dalam negeri. Berdasarkan data yang dihimpun Kementerian Perindustrian dan Kementerian Kesehatan, diperkirakan terjadi surplus produksi sebesar 1,96 miliar unit untuk masker bedah, 377,7 juta unit masker kain, 13,2 juta unit pakaian bedah, dan 356,6 juta unit pakaian pelindung medis hingga Desember 2020. 

Menurut Netty, melimpahnya APD saat ini akibat relaksasi kran impor dan produksi dalam negeri yang digenjot akibat Indonesia sempat alami kelangkaan dan kemahalan APD

“Bukan hanya industri alat dan bahan kesehatan yang bergerak memproduksi APD saat itu, tapi juga industri tekstil, bahkan UMKM. Akhirnya isu standarisasi dan sertifikasi APD agak dikesampingkan. Kini, saatnya pemerintah melakukan seleksi, standarisasi dan sertifikasi APD,” katanya.

“Gunakan yang standar untuk tenaga medis dalam negeri. Jangan sampai yang terstandarisasi dan diterima dunia diekspor, di dalam negeri digunakan yang KW-KW. Ini merendahkan nakes kita yang berhadapan langsung dengan pasien,“ imbuh dia.

Pada kesempatan ini, Netty mengaku sangat bersimpati pada produsen masker dan APD yang telah bergerak cepat membantu pemerintah sehingga produksi masker bisa mengalami surplus.

Untuk mengatasi produksi surplus APD itu, Netty menyarankan agar pemerintah melakukan seleksi dengan ketat dan menyerap produksi tersebut.

“Setelah dilakukan seleksi dan sortir sesuai standar, pemerintah dapat mencarikan solusi pemasaran dengan melempar APD untuk kebutuhan non medis,” katanya.

“Seperti produk masker kain yang bukan standar medis, tapi masih memungkinkan untuk kebutuhan penggunaan masyarakat sehari-hari. Saya yakin ada jalan. Yang penting logikanya jangan dibalik. Yang bagus dan standar diekspor, yang KW digunakan untuk nakes dalam negeri. Itu zalim karena sengaja mengorbankan rakyat,” tambah Netty.

TAGS : Netty APD Ekspor

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/74244/Kran-Ekspor-APD-Kembali-Dibuka-Begini-Respon-Netty-Aher/