Kualitas dan layanan purna jual andalan Isuzu jaga konsumen loyal

Kualitas dan layanan purna jual andalan Isuzu jaga konsumen loyal
Jakarta (ANTARA) – Pengguna produk dan layanan dari Isuzu Indonesia menyatakan puas atas kualitas kendaraan dan layanan purna jual yang diberikan jaringan diler Isuzu dalam mendukung operasional bisnis perusahaan.

Brand image Isuzu memang kuat, terutama di sektor logistik. Varian produknya juga banyak dan lebih lengkap dari sisi ukuran,” ujar General Manager PT Dunia Express Transindo (Dunex) Christ Hermawan kepada wartawan di sela-sela ajang GIIAS 2022.

Christ Hermawan memaparkan, sebagai perusahaan logistik, pihaknya membutuhkan kendaraan yang memiliki performa tangguh. Kendaraan itu harus tetap maksimal saat mengirim barang dari satu titik ke titik lain. Selain produk yang harus andal, layanan purna jual seperti servis dan ketersediaan suku cadang harus maksimal.

“Saya lihat, Isuzu terus memperbaiki diri dalam memberi pelayanan ke customer. Sekarang mereka memperbaiki dan begitu responsive. Mereka menyediakan hotline dan pengawalan yang lebih direct terhadap kami,” papar dia.

Baca juga: Isuzu optimistis jual 1.200 unit MU-X dan D-Max hingga akhir tahun

Baca juga: Hadiri GIIAS, Menko Airlangga apresiasi mobil listrik Isuzu Elf EV

Ia mengisahkan, saat kendaraan mengalami kendala, Isuzu memberikan solusi dan langsung tanggap. Christ menambahkan, selain keunggulan keunggulan itu, mereka memilih Isuzu karena berpengalaman dalam kendaraan bermesin commonrail.

Isuzu sudah menggunakan mesin commonrail di produk Isuzu Giga sejak 2011. Mesin commonrail menjadi prasyarat kendaraan Euro4. Pemerintah sudah memberlakukan kebijakan Euro4 untuk seluruh produksi kendaraan truk diesel mulai 7 April 2022.

“Ini juga menyangkut efisiensi BBM,” tutur Christ Hermawan.

Sebelumnya, Customer and Product Services Division Head Astra Isuzu Heri Wasesa menyatakan perusahaannya menerapkan program layanan aftersales prima untuk perusahaan logistik. Kini, program itu diterapkan ke sektor migas, pertambangan, dan perkebunan.

Sejumlah program diberikan mengacu pada pemenuhan kebutuhan konsumen. Secara umum, konsumen ingin produktivitasnya tinggi. Artinya, ketersediaan unit kendaraan harus tinggi dan mobil tidak boleh mogok.

“Kami punya keunggulan komparatif luar biasa, memiliki jaringan luas di seluruh Indonesia. Jaringan kami memiliki garis komando terpusat, beda dengan kompetitior yang parsial,” tutur Heri.

Dikatakannya, Isuzu Command Center bisa memenuhi kebutuhan konsumen selama 24 jam dalam 7 hari seminggu ke seluruh wilayah Nusantara. Kinerja itu diapresiasi Regional Office Executive Isuzu Motor Limited Koji Nakamura. Ia menilai, kinerja Isuzu di Indonesia mengagumkan, terlihat dari market share Isuzu yang terus bertumbuh dari 18 persen pada Juni 2019, menjadi 25 persen di Juni 2022.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan, sepanjang 2021, penjualan Isuzu naik 52 persen dari tahun 2020 yakni dari 17.855 unit menjadi 27.276 unit. Lalu, semester 1 2022, penjualan Isuzu mencapai 14.956 unit atau melonjak 25 persen jika dibandingkan periode yang sama 2021 yang sebanyak 11.968 unit.

“Isuzu hadir di Indonesia sejak 1960 dan terus mendukung industri otomotif nasional. Indonesia kini sebagai pusat ekspor Isuzu dan menjadi dominant player,” ujar Koji Nakamura di sela-sela ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, yang dihelat di ICE, BSD, Tangerang, Banten, 11-21 Agustus 2022.

Baca juga: Isuzu apresiasi mitra jaringan “part shop” di Indonesia

Baca juga: Isuzu pamerkan Elf EV pertama kalinya di GIIAS 2022

Baca juga: Isuzu buka rangkaian posko & bengkel siaga Lebaran, catat lokasinya

 

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022

Credit: Source link

Related Articles