Kupas fitur Stargazer, mobil keluarga dengan kabin lega

Jakarta (ANTARA) – Pada semester kedua 2022, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengenalkan mobil keluarga (multipurpose vehicle/MPV) Hyundai Stargazer, sebagai kendaraan keempat yang diproduksi lokal di Pabrik Hyundai Motor di Cikarang, Jawa Barat.

ANTARA pada 4-6 Desember 2022 berkesempatan menjajal Hyundai Stargazer tipe Prime bertransmisi IVT dengan mesin 1.5L MPI 16-valve (HLA) berkapasitas 1.500 cc. Meski ukurannya cukup bongsor, Stargazer mampu menghasilkan tenaga 115/6.300 rpm, dengan torsi maksimal 14.7/4,500 rpm dengan konsumsi BBM yang efisien.

Hal menarik yang menjadi nilai lebih dari Stargazer adalah mobil keluarga itu dilengkapi ragam fitur Hyundai SmartSense yang meliputi Forward Collision-avoidance Assist (FCA), Lane Following Assist (LFA), High Beam Assist (HBA), Lane Keeping Assist (LKA), Blind-spot Collision-avoidance Assist, Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist.

Fitur keamanan lengkap itu menjadi nilai tambah bagi Anda yang hendak berlibur bersama keluarga di akhir tahun ini.

Baca juga: HyundaiMotor dan LGES pertimbangkan bangun dua pabrik baterai di AS

Untuk tampilan eksterior, Stargazer mengusung konsep Sleek One Box yang membuat mobil keluarga itu terlihat dinamis, ekspresif, dan futuristis. Ciri khas itu diperkuat dengan Horizontal DRL yang melintang pada bagian depan kendaraan. Horizontal DRL yang disematkan menjadi tanda bahwa Stargazer diluncurkan pertama kali di Indonesia, sebuah negara yang terletak di garis Khatulistiwa.

Pada bagian belakang, Hyundai memperkuat identitas Stargazer dengan Distinctive H Rear Lamp yang ikonis, berbentuk huruf H memungkinkan Stargazer mudah dikenali sebagai produk Hyundai meski tampak dari kejauhan.

Dari sisi interior, dimensi Stargazer 4,460 m x 1,780 m x 1,690 dengan wheelbase 2,780 m dan ground clereance 195mm memungkinkan mobil itu dibawa berkelana ke berbagai medan jalan dengan membawa tujuh penumpang.

Kabin Stargazer memaksimalkan ruang untuk penyimpanan, seperti adanya glove box, console tray, cup holder pada sisi pintu, dan lainnya. Banyaknya ruang penyimpanan yang praktis membuat ruang kabin jauh lebih lega tanpa mengurangi kenyamanan penumpang. Selain itu, suasana mewah semakin terasa dengan Ambient Mood Lighting yang menghiasi interior.

Di baris pertama atau kursi pengemudi, terdapat Head Unit Audio Touch Display berukuran 8 inci telah didukung konektivitas pada smartphone. Terdapat juga wireless smartphone charger yang dapat membantu mengisi daya pada smartphone pengguna selama perjalanan.

Memasuki baris kedua, pengguna Stargazer dimanjakan dengan captain seat yang membuat ruang kabin menjadi lebih lega karena adanya ruang kosong pada tengah kabin.

Pada tiga tipe teratas yaitu Trend, Style, dan Prime, penggunaan Rear A/C system dengan EVA-type sebagai bagian dari fitur Full Automatic Temperature Control dapat menghasilkan udara kabin yang dingin untuk penumpang di baris kedua dan ketiga.

Jika Anda membawa banyak barang, bagasi belakang di baris ketiga mampu memuat barang hingga 200 liter. Apabila Anda memerlukan ruang yang lebih luas, Stargazer menawarkan kargo 585 liter dengan syarat melipat kursi baris ketiga.

Selama perjalanan, Stargazer yang memuat enam penumpang dengan tambahan barang di bagasi bisa melaju dengan baik melintasi berbagai medan.

Hyundai Stargazer (ANTARA/ALVIANSYAH PASARIBU)

Baca juga: Hyundai Startup Challenge 2022 digelar di Indonesia

Baca juga: Hyundai Motor dan SK On dilaporkan bangun pabrik usaha patungan di AS

Performa

Stargazer menawarkan 4 (empat) mode berkendara yang tersedia mulai dari Eco, Comfort, Smart dan Sport. Masing-masing mode yang tersedia mampu memenuhi kebutuhan pengguna mulai dari penggunaan bahan bakar lebih efisien dengan mode Eco hingga kebutuhan akselerasi dan performa yang lebih maksimal di mode Sport.

Lebih lanjut, Stargazer sendiri telah dilengkapi dengan Remote Start Engine sehingga pengguna tidak perlu lagi memutar tuas kunci untuk menyalakan mesin.

Untuk performa, STARGAZER memiliki mesin Smartstream G1.5 MPI Inline 4 Cylinder DOHC yang dapat menghasilkan tenaga maksimal hingga 115 ps/6,300 rpm dan torsi maksimal hingga 143,8 Nm/4,500rpm. Kemampuan tersebut membuktikan kinerja mesin yang disuguhkan Stargazer tidak memerlukan penginjakan pedal gas yang dalam namun sudah siap memberikan dorongan instan dan responsif.

Ditambah dengan adanya sistem Intelligent Variable Transmission (IVT), mampu memaksimalkan kecepatan dengan efisien dan irit bahan bakar, dengan pergerakan kendaraan lebih mulus serta responsif.

Pada Minggu (4/12), ANTARA menjajal performa Hyundai Stargazer tipe Prime pada rute Jakarta-Puncak Bogor (pulang-pergi) sejauh 170 kilometer. Hal yang menarik perhatian adalah konsumsi bahan bakar Hyundai Stargazer yang terbilang irit untuk ukuran MPV, di mana pengemudi tidak harus mengeluarkan banyak usaha untuk mendapatkan tingkat efisiensi bahan bakar itu.

Saat dibawa dari Jakarta ke Puncak melalui tol Jagorawi pada pukul 12.00 WIB, mengangkut empat penumpang dewasa dengan kabin bagasi penuh dengan barang menggunakan mode Comfort (tersedia empat mode: Eco, Comfort, Sport dan Smart), dengan situasi lalu lintas ramai, Hyundai Stargazer mencatatkan konsumsi bahan bakar 18,1 kilometer per liter, berdasarkan data pada layar multi-information display (MID).

Ketika dibawa wara-wiri di jalur non tol dengan kondisi lalu lintas padat dan cara berkendara “stop and go”, level konsumsi Stargazer sebesar 15,1 kilometer per liter BBM.

Hyundai Stargazer (ANTARA/ALVIANSYAH PASARIBU)

Hyundai Bluelink

Hyundai Motors Indonesia juga membawa teknologi Hyundai Bluelink yang memungkinkan pengguna untuk selalu terhubung dengan mobil mereka melalui ponsel pintar.

Hyundai Bluelink memberikan akses penuh kepada pemilik Stargazer untuk fitur-fitur penting, seperti mengetahui kondisi kendaraan saat ini, menghidupkan atau mematikan mesin, mengatur suhu kabin, mengunci atau membuka kunci pintu, menyalakan klakson, menyalakan atau mematikan lampu, termasuk mengetahui di mana kendaraan diparkir.

Salah satu alasan Hyundai Bluelink dihadirkan adalah untuk meningkatkan pengalaman dalam berkendara yang aman bagi pengguna Stargazer, seperti beberapa fitur unggulan dari Bluelink yakni tombol SOS/Emergency Assistance dan Roadside Assistance (RSA). Fitur-fitur unggulan lain dari Hyundai Bluelink juga meliputi Remote Engine Start/Stop, Climate Control, Remote Door Lock/Unlock, Remote Horn & Light Control, dan mengetahui lokasi parkir mobil melalui Find My Car.

Baca juga: Penjualan Hyundai tembus 24.253 unit, didominasi Creta dan Stargazer

Baca juga: Efisien, segini konsumsi Hyundai Stargazer di tol dan jalan biasa

Baca juga: Penjualan kendaraan listrik Hyundai dan Kia di AS turun pada November

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022

Credit: Source link